Preview Derbi Jateng PSIS Semarang Vs Persis Solo, Siapa Menang?

Kedua tim mempunyai modal laga yang berbeda

Sejumlah pertandingan derbi akan dihelat pada pekan ke-12 di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Selain derbi Jawa Timur, nantinya ada derbi Jawa Tengah yang mempertemukan PSIS Semarang dan Persis Solo. Duel kedua tim jempolan itu akan dilaksanan di Stadion Manahan, Solo, pada Sabtu (16/9/2023).

PSIS dan Persis pastinya menaruh rasa gengsi pada laga derbi pertama mereka di Liga 1 musim ini. Itu karena keduanya ingin menjaga integritas siapa yang terbaik dari Jateng. Namun, bila merujuk statistik, PSIS dan Persis menorehkan capaian yang berbeda. PSIS mengantongi modal positif sementara Persis tidak setelah menelan kekalahan beruntun.

1. PSIS kantongi bekal positif

Preview Derbi Jateng PSIS Semarang Vs Persis Solo, Siapa Menang?PSIS Semarang saat menghadapi Persis Solo di Liga 1 2022/2023. (instagram.com/psisfcofficial)

PSIS Semarang mempunyai motivasi tinggi menatap laga derbi kontra Persis Solo di Liga 1 2023/2024 pekan ke-12. Itu disebabkan mereka mengantongi catatan positif pada laga terakhir. PSIS meraih kemenangan atas Bali United 2-1 di Stadion Jatidiri, Semarang, pada pekan ke-11.

Hasil itu sekaligus melanjutkan hasil cukup positif PSIS di Liga 1. Mereka tak terkalahkan dalam dua laga terakhir. Sebelumnya, tim dengan julukan Laskar Mahesa Jenar itu sempat bermain imbang 1-1 kontra Persik Kediri di Stadion Brawijaya, pada pekan ke-10.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal Persis Solo di Liga 1 Musim 2023/2024, Skuad Kuat

2. Kalah beruntun, Persis siapkan skenario lawan PSIS

Preview Derbi Jateng PSIS Semarang Vs Persis Solo, Siapa Menang?Persis Solo saat menghadapi PSIS Semarang di Liga 1 Indonesia 2022/2023. (instagram.com/persisofficial)

Berbeda dengan tuan rumah, Persis Solo justru tak memiliki bekal positif jelang menjamu PSIS Semarang. Hal itu lantaran mereka gagal mendulang kemenangan pada laga terakhir. Laskar Sumbernyawa ditumbangkan Barito Putera 0-2 di laga tandang pada pekan ke-11.

Kekalahan itu sekaligus melanjutkan rekor buruk Persis di Liga 1 2023/2024. Mereka menelan dua kekalahan berturut-turut. Meski begitu, pelatih Persis, Leonardo Medina tak mau mengambil pusing atas hasil buruk itu. Malahan, ia ingin fokus menatap laga derbi kontra PSIS ke depan.

Dikutip situs resmi klub, Medina menuturkan sudah membuat racikan tersendiri kala menjamu PSIS. Ia ingin membuat permainan Persis kembali ke identitas aslinya yang tangguh. Sang pelatih bertekad membawa Persis menang demi menjaga muruah tim pada laga derbi nanti. 

3. Rekor head to head kedua tim

Preview Derbi Jateng PSIS Semarang Vs Persis Solo, Siapa Menang?PSIS Semarang saat menghadapi Persis Solo di Liga 1 2022/2023. (instagram.com/psisfcofficial)

Berkaca pada rekor head to head, rupanya PSIS Semarang dan Persis Solo membukukan catatan yang tak berimbang. Diketahui, Laskar Mahesa Jenar unggul cukup telak dalam hal ini. Mereka mengemas statistik 5 kemenangan dari 11 pertemuan terakhir kontra Persis di seluruh ajang.

Persis, di lain sisi, mereka baru mendulang 2 kemenangan sementara 4 laga lainnya berakhir seri dari PSIS. Rekor pertemuan ini tentu menjadi tolok ukur bagi kedua tim saat bersua di Liga 1 2023/2024 pekan ke-12. Di antara PSIS dan Persis, pasti ada yang menjadikan catatan head to head ini sebagai cambuk motivasi atau malahan menjadi beban.

4. Prediksi kesebelasan utama

Preview Derbi Jateng PSIS Semarang Vs Persis Solo, Siapa Menang?PSIS Semarang saat menghadapi Persis Solo di Liga 1 2022/2023. (instagram.com/psisfcofficial)

PSIS Semarang dan Persis Solo pastinya mengusung ambisi meraup tiga poin sempurna pada laga derbi pertama 2023/2024 ini. Maka dari itu, kedua tim akan mengerahkan skuad terbaik nantinya. Berikut ini adalah prediksi formasi dan susunan pemain utama PSIS dan Persis.

PSIS Semarang (4-4-2): Adi Satriyo, Fredyan Wahyu, Wahyu Prasetyo, Lucas Gama, Alfeandra Dewangga, Diarra, Luthfi Kamal, Taisei Marukawa, Vitinho, Gali Freitas, Carlos Fortes.

Persis Solo (4-4-2): Pancar Nur, Diego Bardanca, Eky Taufik, Muhammad Faqih, Rian Miziar, Sutanto Tan, Alexis Messidoro, Moussa Sidibe, Taufiq Febriyanto, Ramadhan Sananta, Fernando Rodrigues.

PSIS Semarang diketahui membukukan catatan sama kuat ketika saling berhadapan pada musim 2022/2023 lalu. Mereka sama-sama bermain imbang dalam dua pertemuan. Akankah PSIS dan Persis kembali mengulang hasil itu pada musim ini? Atau justru ada yang menjadi pembeda?

Baca Juga: Profil Gali Freitas, Pemain PSIS Semarang yang Mencuri Perhatian

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya