Preview Laga Persis Solo Vs PSM Makassar, Duel Tim Zona Kuning

Posisi mereka berjarak 1 tangga di atas zona degradasi

Persis Solo akan menghadapi tim kuat pada pekan ke-10 di Liga 1 Indonesia 2023/2024. Klub dengan julukan Laskar Sumbernyawa itu akan bertemu PSM Makassar. Sang juara bertahan musim lalu. Nantinya, laga Persis dan PSM dihelat di Stadion Gelora BJ Habibie, Pare-pare, pada Senin (28/8/2023) pukul 15.00 WIB.

Berstatus sebagai tim tamu, Persis diprediksi akan cukup kesulitan menghadapi PSM. Itu karena dukungan suporter calon lawan menjadi hambatan tersendiri bagi mereka. Namun, Persis pastinya tak akan menyerah begitu saja. Mereka tetap berupaya mencuri poin di markas PSM. Itu mungkin terjadi mengingat Persis memiliki modal apik usai menang pada laga terakhir.

1. Motivasi Persis meningkat usai gilas Bali United

Preview Laga Persis Solo Vs PSM Makassar, Duel Tim Zona KuningPersis Solo saat menghadapi Bali United pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/persisofficial)

Persis Solo mendulang hasil memuaskan pada laga terakhir Liga 1 2023/2024. Mereka sukses mengalahkan Bali United pada pekan ke-9. Persis menang dengan skor besar 3-1 di Stadion Manahan Solo.

Hasil itu pastinya meningkatkan mental para pemain Persis jelang melakoni laga selanjutnya. Mereka akan lebih percaya diri saat menghadapi PSM Makassar pada pekan ke-10 Liga 1 2023/2024. Persis berpeluang untuk menang.

Dalam laga kontra Bali United, Persis begitu terbantu dengan dua pemain asingnya. Mereka adalah Fernando Rodriguez dan Diego Bardanca. Itu disebabkan kedua pemain sama-sama mencetak satu gol ke gawang Bali United kala itu.

Baca Juga: 6 Pemain Termahal Persis Solo di Liga 1 Musim 2023/2024, Skuad Kuat

2. Keberadaan Panca Nur membawa perubahan bagi Persis

Preview Laga Persis Solo Vs PSM Makassar, Duel Tim Zona KuningPancar Nur Widiastono (instagram.com/persisofficial)

Performa Persis Solo sempat anjlok pada awal Liga 1 2023/2024. Mereka hanya meraup statistik 1 menang, 2 seri, 2 kalah dalam 5 pertandingan. Alhasil, Persis pun melalukan beragam upaya agar segera bangkit.

Salah satu usaha yang dilakukan Persis adalah merotasi posisi kiper. Pada empat laga terakhir, mereka memercayai peran kiper muda, Pancar Nur Widiastono. Perannya menggantikan Gianluca Claudio Pandeynuwu di posisi kiper utama.

Keputusan itu tampak membuahkan hasil. Pancar Nur tampil lumayan apik dengan 2 menang, 1 seri, 1 kalah di bawah mistar gawang Persis. Keberadaan sang kiper pastinya jadi harapan Laskar Sumbernyawa ketika menantang PSM Makassar di Liga 1 2023/2024 pekan ke-10.

3. Pemain muda Persis kian termotivasi hadapi PSM

Preview Laga Persis Solo Vs PSM Makassar, Duel Tim Zona KuningPersis Solo dalam laga menghadapi Bali United pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/persisofficial)

Pada laga terakhir kontra Bali United, Persis Solo menurunkan semua pemain terbaik. Menariknya, Laskar Sumbernyawa juga menurunkan empat pemain mudanya. Mereka adalah Faqih Maulana, Arkhan Kaka, Rifqi Ray, dan Althaf Indie.

Salah satu pemuda Persis yang memikat pehatian adalah Rifqi Ray. Gelandang potensial yang baru berusia 19 tahun. Bagi sang pemain, laga kontra Bali United jadi laga keduanya bersama Persis di Liga 1 2023/2024. 

Rifqi Ray tampil selama 11 menit sebagai pengganti dalam laga melawan Bali United. Itu jadi kesempatan berharga baginya untuk mengembangkan diri. Dilansir Liga Indonesia Baru, Rifqi sendiri termotivasi membawa Persis menang saat bersua PSM Makassar (pekan 10).

4. Kalah beruntun, PSM hanya mengandalkan laga kandang

Preview Laga Persis Solo Vs PSM Makassar, Duel Tim Zona KuningPSM Makassar saat menghadapi Bali United pada putaran pertama Liga 1 Indonesia 2023/2024. (instagram.com/baliunitedfc)

PSM Makassar tak memiliki modal positif jelang laga menghadapi Persis Solo di Liga 1 2023/2024 pekan ke-10. Ini terjadi setelah mereka gagal meraih kemenangan dalam dua laga terakhir. Malahan, PSM menderita dua kekalahan beruntun.

Diketahui, PSM sebelumnya menelan kekalahan atas Bali United (pekan 8) dan Persebaya Surabaya (pekan 9). Mereka kalah dengan skor tipis 0-1 di laga tandang kontra Bajol Ijo pada laga terbaru. Dengan capaian buruk itu, PSM jelas akan mengandalkan status tuan rumah ketika menjamu Persis pada laga selanjutnya.

Itulah deretan fakta-fakta menarik jelang laga Persis Solo versus PSM Makassar di Liga 1 2023/2024 pekan ke-10. Terasa sulit memprediksi siapa yang akan memenangi laga ini nantinya. Itu karena kedua tim memiliki sikon yang berbeda sejauh ini.

Baca Juga: 5 Fakta Stadion Sriwedari, Homebase Kedua Persis Solo

rizkilutfi Photo Community Writer rizkilutfi

Writing is one of happines

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya