Comscore Tracker

5 Cara agar Kabel Charger HP Kamu Bisa Awet dan Tahan Lebih Lama

Biarkan kabelnya besama kamu lebih lama

Bagi sebagian orang kabel charger jadi barang yang cukup sering membuat kesal, pasalnya kabel yang rasanya baru dibeli tiba-tiba sudah tidak bisa dipakai lagi. Namun ada beberapa hal yang bisa mempengaruhi kabel kamu bisa cepat rusak. 

Berikut di bawah ini adalah lima cara yang bisa kamu lakukan agar kabel charger hp kamu bisa tahan lebih lama, yuk simak! 

Baca Juga: 7 Tips Keren WhatsApp yang Harus kamu Tahu!

1. Berhenti menarik kabel 

5 Cara agar Kabel Charger HP Kamu Bisa Awet dan Tahan Lebih LamaIlustrasi memegang kabel (Unsplash.com/Mbaumi)

Sering kali agar lebih cepat mengambil ponsel setelah di isi, kita akhirnya menarik kabel untuk dicabut dari ponsel. Namun itu bukan hal yang baik, terlebih lagi jika dilakukan secara terus-menerus. 

Bukan hanya akan membuat kabel lebih tertekan, kabel juga akan berpotensi lebih cepat putus karena sering ditarik. Alih-alih menarik kabelnya, kamu bisa mencabutnya dengan memegang kepala stekernya.

2. Hindari menekuk kabel 

5 Cara agar Kabel Charger HP Kamu Bisa Awet dan Tahan Lebih LamaIlustrasi kabel yang digulung (Unsplash.com/Solenfeyissa)

Salah satu penyebab kabel menjadi cepat putus adalah karena sering ditekuk. Biasanya kita akan menekuk kabel ketika sedang terburu-buru dan ingin memasukan kabel dengan cepat ke dalam tas, bahkan memaksakan kabel masuk ke tas yang sudah penuh. 

Untuk mengurangi tekanan pada kabel, kamu bisa mencoba untuk menggulung kabel dengan longgar lalu selipkan ujung kabel. Kamu juga bisa membeli klip kabel agar lebih rapi lagi. 

3. Jangan memainkan ponsel saat pengisian

5 Cara agar Kabel Charger HP Kamu Bisa Awet dan Tahan Lebih LamaIlustrasi mengisi ponsel (Unsplash.com/Pascal_braendle)

Memainkan ponsel ketika diisi memang sering cukup sering kita lakukan. Merasa membutuhkan waktu yang lama untuk mengisi ponsel, terkadang membuat kita tidak sabar dan akhirnya memainkan ponsel dalam keadaan diisi. 

Namun itu juga tidak baik bagi kabel, karena tidak sedikit ponsel yang waktu pengisiannya akan menjadi tambah lama ketika digunakan. Itu juga akan membuat kabel menjadi cepat rusak, karena bukan tidak mungkin kabel juga bisa kamu bengkokan. 

4. Cabut charger setelah digunakan 

5 Cara agar Kabel Charger HP Kamu Bisa Awet dan Tahan Lebih LamaIlustrasi mengisi ponsel (Unsplash.com/Tkolnowski)

Sudah bukan hal yang jarang lagi, membiarkan charger tetap di stopkontak setelah digunakan. Terlihat sepele memang, meski begitu ini juga akan berdapak pada chaeger kamu. 

Bukan hanya akan membuat kamu menjadi boros terhadap listrik, membiarkan charger di stopkontak akan membuat charger panas karena listrik yang terus terhubung. 

5. Gunakan kabel yang berkualitas 

5 Cara agar Kabel Charger HP Kamu Bisa Awet dan Tahan Lebih LamaIlustrasi mengisi ponsel (Unsplash.com/Andreas_haslinger)

Penyebab paling sering kenapa kabel bisa cepat rusak adalah kabel yang kurang berkualitas. Bukan tanpa sebab, terlalu seringnya kabel rusak akan membuat kita merasa sia-sia jika membeli kabel dengan harga yang lebih mahal. 

Namun itu tidak benar, sering kali kabel dengan harga yang lebih mahal akan memiliki kualitas yang lebih baik. Dengan didukung pemakaian yang baik, kamu bisa membuat kabel charger kamu bertahan lebih lama. 

Memiliki kabel yang bisa bertahan lebih lama, mungkin menjadi keinginan setiap orang. Meski sederhana, kamu bisa, nih, mencoba cara di atas. 

Baca Juga: GB WhatsApp Bahaya Penggunaannya, Waspada Virus dan Kebocoran Data!

Suandewi Oka Photo Community Writer Suandewi Oka

Stay happy!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya