Comscore Tracker

Bahaya Penggunaan Fitur Dark Mode yang Tak Banyak Diketahui Orang

Yang masih menggunakan mode gelap baca ini ya

Trend penggunaan mode gelap atau dark mode yang kini populer digunakan sistem operasi smarthone Android dan iOS ternyata membawa dampak berbahaya tanpa kita sadari.

Selain sistem operasi smartphone, beberapa aplikasi media sosial seperti Instagram, Google Chrome, WhatsApp, Gmail bahkan juga ikut demam menyediakan fitur dark mode atau mode gelap.

Tampilan dark mode tengah digandrungi penggunaannya, pasalnya selain terlihat elegan dark mode juga dipercaya menghemat penggunaan baterai. Selain itu tampilan dark mode atau mode gelap juga disebut-sebut ramah untuk mata penggunanya.

Namun kabar terbaru fitur dark mode ternyata membahayakan untuk mata

Baca Juga: Cara Cepat Mengganti Tampilan Instagram Dark Mode di iOS dan Android

1. Menyebabkan halasi atau distorsi visual

Bahaya Penggunaan Fitur Dark Mode yang Tak Banyak Diketahui Oranggadgetmatch.com

Di awal-awal kemunculan website beberapa tahun silam, tampilan yang tersedia adalah dark mode, layar hitam dengan tulisan bewarna putih, namun kemudian seiring perkembangan zaman dark mode ditinggalkan karena lebih memilih latar belakang putih dengan font hitam atau abu-abu.

Ditinggalkannya latar belakang hitam dengan font putih pada desain tampilan internet karena menyebabkan halasi atau distorsi visual. Melihat tampilan layar dark mode dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan ketegangan mata yang serius.

Lama berada di depan layar handphone atau laptop dengan fitur dark mode disebut bakal membuat iris mata bekerja lebih keras

2. Dark mode menyebabkan kesulitan bagi penderita astigmatisme atau silinder

Bahaya Penggunaan Fitur Dark Mode yang Tak Banyak Diketahui Orangmedium.com

Fitur dark mode sangat tidak disarankan bagi mereka yang menderita astigmatisme atau silinder, dark mode dapat menyebabkan kesulitan pada penderita astigmatisme yang sulit untuk membaca teks putih di latar belakang hitam.

Pasalnya tingkat pemerolehan cahaya di mana latar belakang hitam membuat iris mata terbuka lebih lebar untuk menerima banyak cahaya.

3. Mata jadi lebih sensitif terhaadap cahaya terang

Bahaya Penggunaan Fitur Dark Mode yang Tak Banyak Diketahui OrangPexels/Pixabay

Terbiasa menggunakan dark mode atau mode gelap dalam jangka waktu yang lama mengakibatkan mata penggunanya lebih sensitif dan peka terhadap cahaya terang.

Terbiasa menggunakan cahaya redup hal ini bakal membuat mata pengguna dark mode akan merasa tidak nyaman ketika melihat layar yang lebih terang.

Itu tadi bahaya yang tersembunyi dibalik penggunaan dark mode atau mode gelap, gimana masih mau menggunakan fitur dark mode?

Baca Juga: Cara Mengubah Dark Mode Google Chrome di HP Android dan iOS

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya