Comscore Tracker

Songsong Kampus Merdeka, Mahasiswa Udinus Mulai Diajari Kuliah Daring

Diklaim bisa meningkatkan minat baca para mahasiswa

Semarang, IDN Times - Puluhan mahasiswa Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) mulai mendapat pelatihan untuk menerapkan sistem perkuliahan berbasis daring atau online. Kuliah daring di kampus tersebut bakal dimanfaatkan untuk menyongsong program Kampus Merdeka yang dicanangkan Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim.

1. Sistem kuliah daring di Udinus diterapkan dengan gadget

Songsong Kampus Merdeka, Mahasiswa Udinus Mulai Diajari Kuliah DaringPexels/Kaboompics .com

Ketua Program Studi Sistem Informasi Udinus, Sri Winarno mengungkapkan sistem perkuliahan daring semata untuk merespon kemajuan teknologi yang berkembang pesat saat ini. Menurutnya kuliah daring menjadi pilihan yang bagus untuk meningkatkan sistem pendidikan menggunakan platform digital. 

"Setelah adanya program Merdeka Belajar, lalu mahasiswa dibebaskan untuk memilih mata kuliahnya sendiri. Kami ingin mengembangkan hal itu dengan memanfaatkan teknologi digital. Kami mengadakan kuliah berbasis online agar perkuliahan jadi menyenangkan," akunya kepada IDN Times, Jumat (6/3).

Baca Juga: Prodi Sastra Inggris Udinus, Miliki 13 Mata Kuliah Taraf Internasional

2. Kuliah online dorong minat baca mahasiswa

Songsong Kampus Merdeka, Mahasiswa Udinus Mulai Diajari Kuliah DaringSuasana mahasiswa Udinus saat diberi penjelasan mengenai pembelajaran daring. IDN Times/Fariz Fardianto

Ia mengklaim bahwa sistem kuliah daring untuk menyesuaikan kreativitas para millennial yang ada saat ini. Termasuk menggunakan gadget saat mengerjakan tugas kuliah saban hari.

Sri berharap dengan kuliah online, pihaknya bisa meningkatkan budaya membaca karena mahasiswa diharuskan untuk membaca buku.

"Selain memanfaatkan platform digital, kuliah daring juga memanfaatkan gaya Millennial dalam memperoleh informasi untuk tugas-tugas di kampus," terangnya.

3. Kuliah daring tetap dipantau para dosen

Songsong Kampus Merdeka, Mahasiswa Udinus Mulai Diajari Kuliah Daringgbhackers.com

Sementara itu, pihak Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang memberi pendampingan kuliah daring di Udinus menyatakan sudah saatnya mahasiswa diberi kebebasan selama kuliah.

"Di dalam kuliah daring, mahasiswa bebas membaca buku apa saja secara online, sesuai dengan yang disediakan oleh dosennya. Tapi dosennya bisa memantau aktivitas apa saja yang dilakukan oleh mahasiswa. Ini jadi proses belajar yang efisien," ujar seorang dosen dari ITS, Achmad Holil Noor Ali.

Baca Juga: Hadapi Era 5.0, USM Teken MoU dengan Universitas Teknikal Melaka

Topic:

  • Fariz Fardianto
  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya