TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Gunung Andong di Magelang, Punya Samudera Awan yang Eksotis

Bisa melihat keindahan Matahari bersinar seperti cincin emas

instagram.com/christianhariyanto

Mendengar kata gunung pastinya langsung berpikir akan keindahannya. Salah satu gunung yang memiliki daya tarik adalah Gunung Andong.

Pesona gunung yang terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah itu selalu membuat ketagihan. Sebelum ke sana, alangkah baiknya menyimak 5 fakta mengenai Gunung Andong berikut ini.

Baca Juga: 5 Alat Musik Kesenian Khas Jawa Tengah dan Cara Memainkannya

1. Asal nama Gunung Andong

instagram.com/ciwambhaadventure

Makna Andong diambil dari sebuah nama daun yang sering digunakan menjadi syarat dari sebuah ritual. Seperti acara selamatan yang dipercaya oleh masyarakat daerah Jawa. Daun andong berarti berdoa atau memanjatkan doa kepada Tuhan.

Para pendaki juga punya alasan khusus mengapa gunung tersebut dinamakan Andong. Antara lain karena puncak gunung Andong--ketika dilihat dari samping--seperti menyerupai punggung sapi yang menurut Bahasa Jawa adalah Andong.

2. Lokasi Gunung Andong

Gunung Andong (unsplash.com/abdiemes)

Gunung Andong terletak di antara daerah Ngablak, Tlogorejo, dan Grabag Kabupaten Magelang. Ketinggian gunung itu mencapai 1.726 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Gunung Andong memiliki tipe perisai. Yakni gunung tersebut melingkari Magelang dan berdampingan dengan Gunung Telomoyo, yang berada di wilayah perbatasan Salatiga Semarang, dan Magelang.

3. Gunung Andong favorit para pendaki pemula

Instagram/gunungandong1726mpdl

Banyak para pendaki pemula yang menjadikan Gunung Andong sebagai tujuan pendakian karena memiliki jalur yang pendek. Selain itu, pemandangan Gunung Andong sepanjang pendakian tidak kalah dengan gunung-gunung tinggi yang ada di Pulau Jawa.

Ada tiga jalur pendakian yang dapat dilalui oleh pendaki Gunung Andong sebagai berikut:

  • Jalur pendakian Dusun Sawit
  • Jalur pendakian Dusun Gogik
  • Jalur pendidikan Dusun Pendem

Baca Juga: 7 Misteri Gunung Lawu dan Lokasi Angker yang Tak Banyak Orang Tahu 

Berita Terkini Lainnya