Comscore Tracker

4 Wisata Budaya di Tegal, Bisa Saksikan Upacara Adat dan Sedekah Bumi 

Tradisi ini rutin digelar setiap tahunnya

Tegal, IDN Times -  Indonesia menjadi magnet wisatawan karena memiliki kekayaan budaya. Setiap daerah memiliki tradisi budaya yang dilestarikan oleh masyarakatnya sehingga ini menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Salah satu daerah yang memiliki wisata budaya adalah Kota Tegal, Jawa Tengah. Kota pesisir pantai utara Jawa ini setiap tahun memiliki tradisi budaya yang rutin digelar dan bisa menarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri. Berikut empat wisata budaya di Kota Tegal yang bisa kamu kunjungi. 

1. Penjamasan Makam Sunan Amangkurat Agung

4 Wisata Budaya di Tegal, Bisa Saksikan Upacara Adat dan Sedekah Bumi Penjamasan Sunan Amangkurat Agung di Kabupaten Tegal. (dok. dinparpora.kabtegal.go.id)

Sunan Amangkurat Agung adalah salah satu tokoh penting yang berada dibalik berdirinya Kabupaten Tegal. Sunan Amangkurat Agung disebut-sebut sebagai salah satu keturunan dari Raja Mataram, Sultan Agung Hanyakrakusuma. Adapun, tradisi upacara adat penjamasan yang dilakukan setiap bulan Sura atau 1 Syawal ini menjadi wisata budaya. 

Warga berkumpul dan turut menyaksikan upacara penjamasan Sunan Amangkurat Agung mulai membersihkan benda pusaka serta tirai penutup yang digunakan di makam sunan. Kemudian,  pembacaan tahlil, dzikir, pembacaan syahadat hingga shalawat. Setelah kegiatan doa bersama selesai dilakukan, akan dilakukan kegiatan berupa penggantian kelambu. Kelambu lama akan digabungkan dengan kelambu lama lainnya dan dilarung ke Pantai Selatan. 

Baca Juga: Kudu Mampir! 5 Tempat Wisata Budaya di Semarang ini Punya Banyak Kisah

2. Sedekah Bumi Cacaban

4 Wisata Budaya di Tegal, Bisa Saksikan Upacara Adat dan Sedekah Bumi Sedekah Bumi Cacaban di Kabupaten Tegal. (dok. Antara)

Tradisi wisata budaya di Tegal berikutnya adalah kegiatan Sedekah Bumi Cacaban. Tradisi ini dilakukan oleh masyarakat setempat yang berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal.

Sedekah Bumi Cacaban ini untuk menunjukkan rasa syukur kepada Tuhan atas hasil bumi yang sudah didapatkan oleh masyarakat sekitar. Masyarakat yang mengadakan upacara ini mayoritas mereka yang tinggal di kawasan obyek wisata Cacaban. Tradisi ini pun juga sering menarik wisatawan untuk datang

3. Festival Jamu dan Kuliner

4 Wisata Budaya di Tegal, Bisa Saksikan Upacara Adat dan Sedekah Bumi Festival Jamu dan Kuliner Tegal. (dok. Disporapar.jatengprov.go.id)

Jamu memang sudah bukan minuman yang asing dikonsumsi di Pulau Jawa. Kabupaten Tegal pun menjadi salah satu penyelenggaraan Festival Jamu dan Kuliner. Festival ini diadakan setiap tahun dengan peserta dari berbagai kota dan kabupaten Se-Jawa Tengah. 

Adapun, jamu khas yang dimiliki oleh Kabupaten Tegal dapat dicicipi di lokasi Wisata Kesehatan Jamu atau WKJ Danawarih. 

4. Ruwat Bumi Purwahamba Indah

4 Wisata Budaya di Tegal, Bisa Saksikan Upacara Adat dan Sedekah Bumi Ritual Ruwat Bumi Purwahamba Indah di Kabupaten Tegal. (dok. Antara)

Satu lagi tradisi yang bisa menjadi wisata budaya di Tegal, yaitu Ruwat Bumi Purwahamba Indah. Tradisi ini merupakan kegiatan rutin yang digelar setiap tahun oleh Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tegal. Acara ruwat bumi ini diisi dengan berbagai jenis hiburan dan upacara adat. 

Selain itu, juga ada pagelaran wayang semalam suntuk dalam rangkaian kegiatan tersebut. Ruwat Bumi Purwahamba Indah diselenggarakan sebagai perwujudan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat yang sudah diberikan. Jika kamu penasaran tradisi ini bisa kamu kunjungi lho. 

Nah, kini kamu sudah tahu apa saja wisata seni serta budaya yang ada di Tegal. Yuk, berkunjung ke Tegal dan rasakan tradisi yang masih melekat disana. Selamat berwisata. 

Baca Juga: 4 Objek Wisata Budaya di Solo, Bisa Belanja Batik dari Perajin

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya