Comscore Tracker

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan Kamu

Buah tangan untuk orang tersayang

Demak, IDN Times - Demak merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang menjadi tujuan destinasi wisata favorit di Jawa Tengah. Berbagai tempat wisata mulai dari wisata alam hingga wisata religi dapat kalian nikmati di sini. 

Tak lengkap rasanya jika berwisata di satu daerah tanpa membawa oleh-oleh khas daerah tersebut. Berikut merupakan oleh-oleh khas Demak yang dapat kamu beli dan bawa pulang ke daerah asal.

1. Kerupuk Udang Tambak

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan Kamudailymail.co.uk

Kerupuk udang tambak dari Demak menawarkan rasa kerupuk udang yang berbeda dengan yang dijumpai pada umumnya. Cita rasa yang gurih dan renyah ini cocok dijadikan camilan karena tahan lama saat diperjalanan.

Jadi kamu tidak harus khawatir buah tangan kamu basi. Selain itu, kamu akan mudah juga menemukan kerupuk udang ini di Demak, terutama di pusat oleh-oleh.

2. Kerupuk Catak

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan Kamukerupukcatak

Oleh-oleh khas Demak selanjutnya ada Kerupuk Catak. Kalau tadi ada kerupuk udang, kerupuk ini adalah kerupuk ikan.

Dengan bahan dasar dari hasil ikan yang melimpah, kamu akan mudah menemukan kerupuk catak ini terutama di pusat oleh-oleh di Demak. Cita rasa yang gurih, kerupuk ini juga cocok dijadikan buah tangan karena tahan lama, jadi kamu yang harus berjalan jauh tidak akan takut kerupuk ini basi.

3. Brayo

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan KamuBrayo (mangrovmagz.com)

Buah tangan selanjutnya merupakan camilan yang unik dari Demak. Brayo sendiri berbahan dasar bayam yang dijadikan keripik dengan cita rasa yang gurih.

Selain enak, tentu brayo memiliki manfaat yang baik untuk tubuh kamu. Jadi, tertarik beli oleh-oleh yang satu ini?

4. Cocktail Belimbing

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan KamuCocktail Belimbing Demak (kabardemak.wordpress.com)

Demak jadi salah satu daerah penghasil belimbing unggulan. Salah satu produk olahannya adalah cocktail belimbing ini.

Minuman ini bisa menjadi pilihan buah tangan kamu, kalau ingin mencari variasi dari oleh-oleh khas Demak lainnya yang sudah kamu beli sebelumnya.

5. Ikan Crispy

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan KamuIkan Cripsy Demak (keluyuran.com)

Dengan banyaknya hasil laut di Demak, salah satu olahan nya menjadi Ikan Crispy ini. Dengan cita rasa gurih serta tekstur yang renyah, pasti akan menambah kenikmatan makan kamu.

Ikan Crispy bisa tahan kurang lebih sampai 2 bulan karena sudah dikeringkan, jadi cocok banget untuk jadi oleh-oleh karena tidak akan basi diperjalanan.

6. Jambu Air

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan KamuJambu Air khas Demak (tribunnews.com)

Selain belimbing, jambu air menjadi buah yang banyak ditemukan di Demak. Cita rasa jambu air di Demak sendiri lebih manis dibandingkan daerah lainnya serta baik untuk tubuh tentunya.

Jika kamu ingin menjadikan jambu air ini sebagai oleh-oleh khas Demak, kamu bisa berkunjung ke pasar-pasar tradisional di Demak dan membawanya pulang ke daerah asal.

7. Abon Lele

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan Kamuinstagram.com/mr_pathil

Abon lele menjadi buah tangan rekomendasi selanjutnya. Keunikannya terletak dari bahan dasarnya, seperti namanya yaitu terbuat dari ikan lele.

Cita rasa manis dan gurih hadir pada olahan ikan lele ini, serta abon lele ini cocok untuk oleh-oleh karena tahan lama, jadi kamu tidak perlu khawatir akan basi saat sedang diperjalanan.

8. Wingko Salem

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan KamuWingko Salem (instagram.com/diyo_kitchen)

Selanjutnya ada Wingko Salem. Jajan tradisional bercita rasa manis dan gurih ini berpadu dengan tekstur kenyal namun lembut saat masuk ke mulut.

Wingko salem sendiri pengolahannya masih tradisional pula, menjadikan rasanya sangat khas. Oleh-oleh khas Demak ini juga banyak dicari wisatawan, bisa kamu jadikan pilihan buah tangan dari Demak.

9. Kerajinan Kaligrafi

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan KamuKerajinan Kaligrafi khas Demak (kesbangpolinmas.dekkab.go.id)

Kerajinan kaligrafi menjadi salah satu buah tangan yang bisa kamu bawa pulang dari Demak.

Dengan hasil yang menawan, kerajian ini bisa kamu jadikan dekorasi yang indah di rumah nanti. Ada berbagai kerajinan kaligrafi yang bisa kamu temukan juga disini, jadi bisa memilih sesuai keinginan kamu.

10. Batik Khas Demak

10 Oleh-Oleh Khas Demak, Cocok Untuk Jadi Buah Tangan KamuBatik khas Demak (fitinline.com)

Terakhir rekomendasi oleh-oleh khas Demak adalah Batik. Batik khas Demak bisa jadi pilihan buah tangan yang kamu bawa pulang, karena keunikan dari motif yang ditawarkan. Batik ini bisa jadi kenang-kenangan kamu dan sebagai tanda pernah berkunjung ke demak.

Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Demak yang bisa kamu bawa pulang. Jadi tertarik membeli yang mana untuk jadi buah tangan?

 

Penulis: Agung Pratama Satria

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya