Comscore Tracker

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudah

Menawarkan pemandangan alam yang menawan

Gunung Slamet memiliki daya tarik yang luar biasa untuk para pendaki professional ataupun pemula. Gunung tertinggi di Jawa tengah ini merupakan salah satu gunung dengan jalur pendakian yang paling menantang.

Jalur atau trek gunung slamet memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi karena sepanjang jalur tersebut merupakan jalanan yang terjal dan rumit.

Banyak jalur untuk mencapai puncak gunung Slamet. Tentunya dengan kesulitan dan keindahan setiap jalur yang berbeda.

Penjelasan mengenai jalur tersebut dapat anda simak di bawah ini.

Baca Juga: Info Pendakian Gunung Merbabu via Selo Boyolali, Rute dan Biaya

1. Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Guci

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudahgerbang pendakian Gunung Slamet via Guci (instagram.com/kursiikosong_)

Jalur pendakian guci merupakan jalur yang memiliki tingkat kesulitan paling tinggi. Akan tetapi jalur ini justru menjadi favorit karena di setiap treknya selalu memberikan pemandangan yang luar biasa mempesona.

Tapi, jika anda merupakan pendaki pemula ada baiknya tidak menggunakan jalur pendakian via Guci. Sebab sepanjang jalur ini mulai dari pos satu sampai palawangan sangat sulit sekali ditemukan sumber air.

Kesulitan lainnya adalah medan jalan yang tak cukup baik sehingga anda harus menggunakan mobil bak selama 1,5 jam dari alun-alun Brebes hingga ke titik rute.

Waktu pendakian yang anda akan lakukan adalah sekitar 10-12 jam, ini tergantung fisik dari setiap pendaki.

Walaupun tingkat kesulitannya tinggi dan jarang ada sumber air, anda bisa mengakalinya dengan membawa persedian air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan minum anda.

Seperti yang sudah dibahas di awal jalur pendakian guci memiliki pesona pemandangan yang luar biasa, cukup menjadi bayaran untuk kesulitan pendakian via Guci ini.

2. Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Bambangan

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudahcommons.wikimedia.org

Jalur pendakian via Bambangan merupakan jalur yang paling bersahabat diantara jalur pendakian lainnya.

Melalui jalur ini anda dapat menemukan banyak warung makanan sehingga anda tidak perlu membawa bekal makan yang terlalu banyak, sehingga barang bawaan anda akan lebih ringan.

Karena jalur Bambangan sangat bersahabat banyak para pendaki melalui jalur ini. Jalur ini terletak di desa Bambangan.

Melalui jalur Bambangan anda akan melakukan pendakian dengan estimasi perjalanan paling sebentar 10 jam dan paling lama 12 jam pendakian.

3. Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Baturaden

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudahgerbang pendakian Gunung Slamet via Baturraden (instagram.com/putri_maesaroh)

Jalur pendakian via baturaden merupakan jalur pendakian dengan estimasi waktu paling sebentar. Akan tetapi justru yang paling tidak disarankan didaki oleh para pendaki pemula.

Setiap track pada jalur ini penuh dengan jalur yang ekstrim, terjal menanjak, bercabang, dan licin. Sehingga sangat disarankan hanya para professional saja yang menggunakan jalur ini.

Letak basecamp jalur pendakian via baturaden adalah di purwokerto. Setelah perjalanan, anda harus melewati 3 pos pendakian untuk mencapai puncak.Waktu pendakian yang ditempuh sekitar 11 jam.

Baca Juga: 7 Misteri Gunung Lawu dan Lokasi Angker yang Tak Banyak Orang Tahu 

4. Jalur Pendakian Gunung Slamet via Gunung Malang

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudahinstagram.com/yeliikawgm

Gunung Malang merupakan salah satu jalur pendakaian yang dapat digunakan untuk pemula. Jalur ini diresmikan oleh PA Gunung Slamet dan Perhutani.

Medan yang ditempuh cukup mudah, setelah melalui pos 3 anda selanjutnya hanya akan menanjak lurus sampai pos 5 di puncak gunung Malang. Lalu anda akan mendapatkan trek dengan jalan menurun hingga sampai pos puncak Gunung Slamet.

Estimasi waktu yang ditempuh 8-10 jam sesuai kondisi fisik para pendaki saat itu. Basecamp pendakian terletak di Clekatakan Kabupaten Pemalang.

5. Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Sawangan

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudahinstagram.com/slametmountain

Jalur pendakian via Gunung Slamet memiliki estimasi perjalanan yang lumayan lebih cepat dari jalur pendakian lainnya yaitu paling cepat 8 jam dan paling lama 10 jam perjalanan.

Letak base campnya berada di desa Sigedong, jalur Sawangan sendiri berada di kabupaten Tegal.

6. Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Kaligua

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling Mudahhttps://www.instagram.com/pesonabrebes/

Jalur pendakian via Kaliguara dimulai dari memasuki kampung dukuh Kaligua. Estimasi perjalanan yaitu 8 jam paling cepat dan 10 jam perjalanan paling lama.

Namun, jalur ini merupakan jalur yang jarang diminati oleh pendaki. Para jalur pendakian gunung slamet via Kaligua menawarkan keasrian dari alam Gunung Slamet.

7. Jalur Pendakian Gunung Slamet Via Kaliwadas

7 Jalur Pendakian Gunung Slamet Dari yang Tersulit Hingga Paling MudahPribadi

Jalur Pendakian via Kaliwadas jalur yang direkomendasikan untuk para pendaki pemula. Karena jalur ini memiliki trek yang bersahabat.

Letak base campnya berada di desa Dawehan kabupaten Brebes. Waktu pendakian lumayan memakan waktu yang lama yaitu 10 jam paling cepat dan 12 jam pendakian paling lama.

Basecamp itu sendiri berada di desa Dawehan, Kecamatan Sirampong, Kabupaten Brebes. Jika melalui jalur ini kurang lebih akan memakan waktu menuju puncak selama 10-12 jam perjalanan.

Itu adalah penjelasan mengenai beberapa jalur pendakian Gunung Slamet yang memiliki estimasi waktu pendakian dengan rata-rata estimasi pendakian paling lama 12 jam pendakian.

Jalur pendakian Gunung Slamet memiliki trek kesulitan yang berbeda-beda. Namun ada beberapa jalur pendakian juga yang aman untuk para pendaki pemula yang dapat anda simak.

Baca Juga: 7 Fakta Gunung Ungaran, Miliki Sumber Air Panas dan Habitat Elang Jawa

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya