Comscore Tracker

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu Shima

Diperkirakan berada di Jepara dan Pekalongan

Kerajaan Kalingga merupakan salah satu bagian awal kingdom history Hindu Budha yang berkuasa di tanah Jawa. Kerajaan ini menurut catatan sejarah berada di Jawa Tengah.
Terdapat 2 daerah yang secara historis merupakan pusat pemerintahan Kalingga yaitu kurang lebih antara Pekalongan dan Jepara.

Kerajaan ini didirikan sekitar abad ke­6 Masehi oleh Dapunta Syailendra yang berasal dari Dinasti Syailendra dan berkembang dengan corak Hindu Budha. Sebagai kerajaan bercorak Budha, kerajaan ini bahkan menjadi pusatnya saat ada pendeta bernama Hwining di sana.

Sejarah Kerajaan Kalingga dikenal juga dengan nama lain. Misalnya seperti Kerajaan Holing. Ada juga yang menyebut Kerajaan Heling. Maupun Kerajaan Keling.

Baca Juga: Sejarah Kerajaan Pajang, Jaka Tingkir Takluk di Tangan Anak Angkatnya

1. Raja Kerajaan Kalingga

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu Shimailustrasi Ratu Shima (cintapekalongan.com)

Raja Kerajaan Kalingga antara lain: Prabu Wasumurti, Prabu Wasugeni, Prabu Wasudewa, Prabu Kirathasingha, Prabu Kartikeyasingha, dan Ratu Shima.

Ratu Shima adalah seorang wanita yang sangat banyak terkenal melalui prasasti sebagai pemimpin yang memajukan kerajaan ini. Bahkan, banyak catatan Sejarah Kerajaan Kalingga membahas tentang hal tersebut.

2. Kejayaan Kerajaan Kalingga

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu ShimaLitbangjepara.net

Ratu Shima adalah pemimpin yang terkenal. Ia memiliki nama lain Dewi Wasuwari. Kemudian, sifatnya yang terpatri di data sejarah berupa patung atau prasasti yaitu ketegasan dan keadilan.

Kerajaan Kalingga berada di masa kejayaannya di bawah kekuasaan Ratu Shima. Kejayaan Kalingga ini terlihat dari berbagai sektor. Mulai dari sektor ekonomi. Kemudian ada juga pertanian. Mereka pun kuat pada sisi militer. Tak hanya itu mereka juga melakukan perdagangan. Bahkan agama yang mengalami kemajuan.

Kemajuan dari sektor ekonomi didukung dari adanya relasi perdagangan yang kuat dengan China. Karena terdapat juga pelabuhan yang dipakai untuk jalur pelayaran dengan negeri tirai bambu tersebut.

3. Runtuhnya Kerajaan Kalingga

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu Shimanovia

Kerajaan Kalingga mulai melemah setelah Ratu Shima wafat. Kemudian, keadaan terus menurun sampai terjadi serangan Kerajaan Sriwijaya. Tepatnya pada tahun 752 Masehi, akhirnya kerajaan tersebut benar­benar tinggal nama.

Karena Kerajaan Kalingga sudah tidak ada lagi, maka pemerintahan pun terbagi 2. Yaitu Kerajaan Keling yang diperkirakan ada di Magelang dan Kerajaan Medang atau Mataram Kuno. Dari Mataram Kuno inilah nanti lahir pemerintahan hingga saat ini, yaitu Yogyakarta.

4. Jejak Peninggalan Kerajaan Kalingga

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu Shimailustrasi kuis kerajaan (pexels.com/Agung Pandit Wiguna)

Jejak Kerajaan Kalingga terlihat dari sejumlah peninggalan yang dimiliki dan juga dapat menjadi petunjuk Sejarah Kerajaan Kalingga. Berikut beberapa peninggalan Kerajaan Kalingga.

5. Peninggalan Prasasti Sojomerto

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu ShimaANTARA FOTO/Anis Efizudin

Silsilah keluarga Dapunta Syailendra sebagai tokoh pencetus Kerajaan Kalingga diabadikan dalam sebuah prasasti, yaitu Prasasti Sojomerto. Lokasinya yaitu di Desa Sojomerto, Jawa Tengah.

6. Candi Angin tempat penyembahan

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu ShimaCandi Angin Jepara. Jepara.go.id

Dinamakan Candi Angin karena di bagian bangunan candi terdapat sebuah pusaran angin. Candi Angin terletak di Kecamatan Keling. Menurut sejarah, candi ini pernah menjadi tempat penyembahan.

7. Candi Bubrah pintu utama sebelum Candi Angin

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu Shimafacebook.com/Amerilia Safitri

Candi Bubrah terletak berdekatan dengan Candi Angin, yaitu berjarak sekitar kurang lebih 500 meter. Sehingga, Candi Bubrah diduga menjadi pintu utama atau gapura sebelum menuju Candi Angin yang berlokasi di Desa Tempur, Jepara.

8. Situs Puncak Songolikur, Gunung Muria

Sejarah Kerajaan Kalingga di Jawa Tengah, Jaya Diperintah Ratu ShimaIDN Times/Aji

Puncak Songolikur merupakan puncak tertinggi Gunung Muria. Banyak peninggalan Sejarah Kerajaan Kalingga di situs tersebut.

Sejarah Kerajaan Kalingga di atas tentunya dapat menjadi pelajaran bagi banyak orang. Termasuk pula untuk pada pecinta sejarah.

Apalagi anak­anak yang harusnya mengetahui bagaimana kehidupan kerajaan di masa lampau. Itulah yang harus dilakukan, yaitu dengan belajar mengapa sebuah sejarah kerajaan bisa runtuh dan menambah jiwa nasionalisme agar bisa mempertahankan kesatuan negara dari keruntuhan.

Baca Juga: Candi Arjuna Dieng Jadi Lokasi Pengamatan Gerhana Bulan Total, Cek Waktunya

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya