Comscore Tracker

Ratusan Pesepeda Gowes Susuri Pantai Selatan Kebumen

Obyek wisata pantai di Kebumen lumpuh akibat pandemik

Kebumen, IDN Times - Tak kurang 100 pesepeda dari berbagai daerah mengikuti ajang gowes bertajuk Pedalpedia 2021 yang digelar pada hari ini, Sabtu (12/6/2021).

Dengan diinisasi oleh Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Jawa Tengah, para pesepeda berlomba menyusuri rute sejauh 128 kilometer dari Pendopo Pemkab Kebumen hingga melewati sejumlah pantai selatan di kabupaten tersebut. 

1. Ratusan pesepeda sudah menjalani swab

Ratusan Pesepeda Gowes Susuri Pantai Selatan KebumenTenaga kesehatan mengambil sampel tes swab untuk penyakit virus korona (COVID-19) dari polisi lalu lintas sambil duduk di dalam kendaraan pengumpul tes swab di kompleks perkantoran Singha Durbar, yang merupakan kantor Perdana Menteri dan kementerian lainnya, di Kathmandu, Nepal, Rabu (29/7/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Navesh Chitrakar)

Kepala Disporapar, Jawa Tengah, Sinoeng N Rachmadi mengaku semua pesepeda sudah menjalani swab test untuk mengantisipasi risiko penularan virus Corona selama ajang balap sepeda berlangsung. 

Dalam gelaran kali ini, katanya jumlah pesertanya juga dibatasi. Para pesepeda juga wajib meningkatkan standar protokol kesehatan sehingga kondisi kesehatan mereka tetap terjaga dengan baik. 

"Tujuan kegiatan ini tentu sport tourism yang berbasis ketaatan protokol kesehataan. Limit jumlah peserta kita batasi, cek kesehatan  baik dari tempat asal dan di tempat kegiatan juga sudah dilakukan," Sinoeng. 

Baca Juga: 5 Destinasi dengan Spot Kece di Kebumen, Wajib Berkunjung

2. Ajang balap sepeda dijadikan penggerak pariwisata di Kebumen

Ratusan Pesepeda Gowes Susuri Pantai Selatan KebumenIlustrasi Laut (IDN Times/Lia Hutasoit)

Sinoeng berkata dengan menggelar ajang Pedalpedia, maka paling tidak mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan sekaligus membangkitkan sektor perekonomian di Kebumen. 

"Karena semua wisata lumpuh akibat pandemik, maka tidak ada salahnya jika kita gelar ajang olahraga yang bisa mempromosikan pariwisata di Kebumen," akunya. 

Menurut Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto, ajang bersepeda yang diselenggakan oleh Disporapar Jawa Tengah dan Bank Jateng bisa jadi salah satu kegiatan bersepeda percontohan di masa pandemik. 

3. Peserta Pedalpedia dibatasi untuk menjaga protokol kesehatan

Ratusan Pesepeda Gowes Susuri Pantai Selatan KebumenAjang Pedalpedia 2021 untuk membangkitkan sektor wisata Kebumen. Dok Panitia Pedalpedia

Sementara itu, ketua panitia ajang Pedalpedia 2021, Hendra Dharmanto mengatakan kegiatan bersepeda kali ini jauh berbeda dengan kegiatan bersepeda biasanya. Karena jadi event percontohan, pelaksanaannya dilakukan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Dari jumlah peserta misalnya sudah sangat kami batasi. Bisanya bisa sampai 1000 orang lebih, ini hanya 100 orang. Saat race pun berjarak dan semua peserta sudah diswab," akunya.

4. Para pesepeda bisa menikmati panorama pantai selatan hingga Goa Jatijajar

Ratusan Pesepeda Gowes Susuri Pantai Selatan KebumenIlustrasi bendera yang berada di pinggir pantai (IDN Times/Sunariyah)

Ada ratusan pesepeda yang melewati empat destinasi wisata andalan Kabupaten Kebumen. Mulai Pantai Petanahan lalu dilanjutkan ke Waduk Sempor. Selanjutnya peserta menyusuri lagi melewati rute menuju Goa Jatijajar hingga finish di Pantai Menganti.

“Selama perjalanan ada banyak kejutan bagi para peserta. Misalnya mencicipi langsung kuliner khas Kebumen, melihat umkm kebumen serta menikmati berbagai wahana di Pantai Menganti," tukasnya. 

Baca Juga: Masih Pandemik COVID-19, 850 Turis Liburan Padati Goa Kreo Semarang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya