Comscore Tracker

Tiba di Tanjung Emas, Penumpang Kapal Pesiar Le Laperouse Plesiran ke Borobudur

Kapal pesiar Le Laperouse bawa ratusan turis asing

Semarang, IDN Times - Kapal pesiar berbendera Perancis bernama Le Laperouse hari ini, Sabtu (24/9/2022) bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

Tepat jam 05.30 WIB pagi tadi, sesuai manifestasi kapal pelayaran tersebut membawa 184 negara yang merupakan turis asing dari berbagai. 

Baca Juga: Perdana! Kapal Pesiar Prancis Bawa 184 Turis Asing Sandar di Semarang

1. Kapal Le Laperouse berlabuh di Tanjung Emas jam enam pagi

Tiba di Tanjung Emas, Penumpang Kapal Pesiar Le Laperouse Plesiran ke BorobudurKapal Le Laperouse berbendera Perancis saat berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Menurut General Manajer Pelindo 3 Tanjung Emas Semarang, Hardiyanto, Kapal Le Laperouse memiliki rute dari Tanjung Benoa Bali, kemudian melanjutkan perjalanan ke perairan utara Probolinggo Jawa Timur, berlanjut ke Pulau Karimunjawa Jepara dan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Emas. 

"Kapal ini kan dari Tanjung Benoa. Rutenya melewati Probolinggo kemudian ke Karimunjawa terus berlabuh di Semarang. Sesuai jadwalnya, jam 05.30 pagi kapalnya sudah sampai ke pelabuhan muara. Jam enam merapat ke dermaga," ujar Hardiyanto. 

2. Puluhan turis diajak menikmati liburan ke Borobudur dan Tuntang

Tiba di Tanjung Emas, Penumpang Kapal Pesiar Le Laperouse Plesiran ke BorobudurSeorang turis asing semringah usai keluar dari kapal Le Laperouse yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ia berkata total penumpang yang naik Kapal Le Laperouse membuka 184 orang. Namun, yang mengikuti perjalanan wisata sekitar 64 orang. 

Tujuan wisata para penumpang kapal Le Laperouse tersebut mulai dari kawasan Kota Lama Semarang, Tuntang Ambarawa serta Candi Borobudur. 

"Mereka langsung liburan di Semarang dan beberapa daerah. Tujuannya ke Borobudur, Kota Lama dan Tuntang. Dari 184 orang, yang ikut tamasya ada 64 orang," jelasnya. 

 

3. Kapal Le Laperouse nanti malam bertolak ke Lampung

Tiba di Tanjung Emas, Penumpang Kapal Pesiar Le Laperouse Plesiran ke BorobudurSejumlah penumpang kapal Le Laperouse berjalan memasuki terminal kedatangan penumpang di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Lebih lanjut, ia mengatakan kedatangan kapal pesiar Le Laperouse menjadi armada wisata yang pertama setelah 2,5 tahun akibat kedatangan kapal pesiar asing ditutup oleh COVID-19. "Ini perdana setelah COVID-19," tulisnya. 

Kapal pelayaran Le Laperouse, ia akan melanjutkan perjalanan dari Semarang sekitar jam 23.30 nanti malam untuk berangkat ke Lampung.

4. Tiga kapal pesiar lagi akan berlabuh di Semarang

Tiba di Tanjung Emas, Penumpang Kapal Pesiar Le Laperouse Plesiran ke BorobudurGeneral Manajer Pelindo 3 Tanjung Emas Semarang Hardiyanto ketika ikut menyambut kedatangan penumpang kapal Le Laperouse. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Dengan kedatangan kapal pesiar asing ke Pelabuhan Tanjung Emas, ia berharap mampu menjadi multiplayer effect bagi Pemkot Semarang serta Pemkab Magelang untuk meningkatkan pariwisata lokal.

Terlebih lagi, setelah Kapal Le Laperouse, ia memastikan sudah ada tiga kapal pelayaran asing lainnya yang akan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas. 

"Kita sudah punya jadwal resmi ada tiga kapal pelayaran lagi yang ke Semarang. Informasi yang masuk dari Panama dan Monrovia. Ini bisa menambah potensi pendapatan daerah serta memacu geliat pariwisata masing-masing kabupaten/kota," jelasnya. 

 

Baca Juga: Cegah Aksi Gendam, Para Intel Dikerahkan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya