Comscore Tracker

Wisata Air di Klaten Kembali Dibuka di Momen Libur Panjang

Menggerakan kembali roda perekonomian.

Klaten, IDN Times - Sejumlah wisata air di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah kembali dibuka untuk umum pada mulai Selasa (27/10/20). Pembukaan wisata air tersebut sekaligus untuk menyambut libur panjang akhir pekan yang mulai tanggal 29 hingga 1 Oktober 2020.

Baca Juga: 10 November 2020, KRL Jogja-Klaten Beroperasi, Setiap Hari Ada 10 Trip

1. Menggerakkan roda perekonomian

Wisata Air di Klaten Kembali Dibuka di Momen Libur Panjanginstagram

Dibukanya wisata air di Kabupaten Klaten seperti Umbul Ponggok, Umbul Manten, Umbul Sigedang, dan lainnya sesuai dengan surat edaran (SE) Bupaten Klaten tentang Pembukaan Objek Wisata Tirta di Masa Pendemi COVID-19 di Klaten, SE tersebut diterbitkan pada Senin (26/10/20).

Salah satu pertimbangan dibukanya kembali wisata air tersebut bertujuan untuk kembali menggerakkan perekonomian warga setelah ditutup hingga beberapa bulan lamanya. Pembukaan wisata air tersebut, tetap harus menaati protokol kesehatan COVID-19 dengan membatasi jumlah pengujung yang datang, menggunakan masker, mengisi formulir identitas diri dan riwayat kesehatan,menjaga jarak, serta pengecekan suhu tubuh pengujung saat hendak memasuki area wisata. Bahkan pengujung yang ingin berenang ke umbul, diwajibkan mandi dengan memakai sabun terlebih dahulu, baru setelah itu boleh berenang.

Wisata air di Klaten ditutup akibat adanya pandemi COVID-19 sejakan 16 Maret 2020 lalu, dan sempat dibuka kurang lebih 10 hari. Namun, pada tanggal 21 September wisata air tersebut ditutup kembali.

2. Siapkan fasilitas sambut kembali pengujung

Wisata Air di Klaten Kembali Dibuka di Momen Libur PanjangSpanduk peringatan protokol kesehatan di kawasan wisata air Watergong, Klaten, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Tak hanya umbul, pengelola rumah makan di Klaten juga sudah melakukan antisipasi adanya lonjakan pengujung. Salah satu pengelola wisata air dan rumah makan Watengong, Ponggok, Klaten, Bagong mengaku telah menyiapkan sejumlah aturan saat hendak memasuki area wisata, yakni menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak.

Ia bahkan telah menerima pesanan sebelum libur panjang. "Kita sudah siapakan puluhan kilo ikan nila untuk menyambut pengujung, bahkan sudah banyak juga yang memesan," ungkapnya.

Kendati nantinya rumah makanya akan membludak, ia mengaku akan tetap menerapkan protokol kesehatan.

3. Lupakan sejenak pandemi COVID-19

Wisata Air di Klaten Kembali Dibuka di Momen Libur PanjangKawasan wisata air Watergong, Klaten, Jawa Tengah. IDNTimes/Larasati Rey

Libur panjang mulah hari Rabu (28/10/20) hingga Minggu (1/11/20) membuat warga antusias untuk mengajak keluarga berkreasi keluar rumah. Dibukanya kembali wisata air di Klaten disambut baik oleh para pengujung. Kendati masih dalam suasana pandemi para pengujung tetap berkunjung ke objek wisata air tersebut.

Salah satu pengunjung asal Sukoharjo, Isma Wardani (24) mengaku menyempatkan diri untuk berkunjung ke umbul lantaran sudah lama ingin merasakan berenang kembali setelah lama tutup. Ia mengaku tetap waspada terhadap kerumunan orang dan selalu menjaga jarak.

"Kita lihat-lihat dulu ramai atau gak, kalau tidak begitu ramai kita berenang, ada sedikit was-was juga sih, tapi kita kan juga sudah jenuh di rumah terus," ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang pengunjung lain Syahrul (27) mengatakan berkunjung ke wisata air sebagai sarana untuk melupakan sejenak pandemi COVID-19. Ia mengaku berwisata bisa meningkatkan imunitas ketimbang berada di rumah secara terus menerus.

"Kita tetap taati protokol kesehatan, dan tetap berwisata, kan kita bahagia itu meningkatkan imunitas," katanya saat ditemui di umbul, Ponggok, Klaten.

Baca Juga: 5 Fakta Unik Unggul Ponggok Klaten yang Jadi Sorotan Media Asing

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya