TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Kiat Jaga Kesehatan saat Wisata Kuliner, Harus Selektif!

Harus cari tahu dulu, ya

ilustrasi makan di restoran yang bersih (Pexels.com/Pixabay)

Intinya Sih...

  • Sebaiknya isi perut dengan kudapan berserat sebelum berwisata kuliner, agar tidak keluar dalam keadaan perut kosong.
  • Pilih tempat makan yang bersih dan jaga kesehatan pencernaan dengan bijak memilih makanan serta mengurangi konsumsi makanan dan minuman manis.
  • Terapkan self boundaries terhadap makanan yang dikonsumsi, bawa bekal air putih, yogurt, dan rajin mencuci tangan untuk menjaga kesehatan selama liburan.

Aktivitas liburan, gak sekadar mengunjungi lokasi wisata dan berburu oleh-oleh saja, Aktivitas yang juga dinanti-nanti, adalah berwisata kuliner. Memperkaya cita rasa makanan dari belahan dunia yang lain.

Namun, jangan sampai lupa, harus selektif dengan makanan yang dikonsumsi selama liburan. Agar tidak sakit, yang akan mengganggu aktivitas liburanmu. Berikut ini lima kiat penting menjaga kesehatan terutama saat berwisata kuliner.

1. Jangan kulineran saat perut kosong!

Sebelum menuju pusat kuliner, sebaiknya isi perut dengan beberapa kudapan. Terutama, kudapan yang berserat, seperti buah-buahan, atau olahan sayuran. Agar, kamu tidak keluar dalam keadaan perut kosong, yang nantinya akan berpengaruh ke porsi makanmu.

Saat kamu betul-betul lapar, kamu akan cenderung mencari makanan, tanpa berpikir panjang. Kamu akan mengabaikan kondisi tempat makan, menunya bahkan harga makanan tersebut. Sebab, yang paling penting adalah makan, karena kamu sudah cukup menahan rasa lapar.

2. Temukan tempat makan yang bersih

Pemilihan tempat makan yang bersih, menjadi bagian penting yang harus kamu lakukan dalam menyeleksi tujuan saat kulineran. Siapa lagi yang bisa menjaga kesehatan, kalau bukan kamu sendiri. Misalnya, kamu ingin makan pecel khas Solo, dari banyaknya tempat makan, utamakan memilih yang bersih.

Tidak hanya tempatnya, namun penjual, lingkungan sekitar juga detail perlu kamu perhatikan. Sebab, dengan menjaga kesehatan pencernaan, sama halnya dengan menjaga kesehatan imun. Meskipun menurut banyak orang, makanan di kedai tersebut wajib dicoba, apabila tidak masuk kurasi kamu, sebaiknya abaikan.

Baca Juga: 6 Tips Membangun Mood Belajar Anak setelah Libur Panjang, Ajak Ngobrol

3. Kurangi makanan dan minuman yang manis-manis

Meskipun sedang liburan, bukan berarti mengabaikan kesehatan, ya. Bijak memilih apa yang dikonsumsi harus lah konsisten dilakukan, sekalipun saat liburan, saat-saat santai untuk me time. Mengurangi makanan dan minuman manis saat kulineran, bisa dilakukan dengan meminta penjual makanan untuk tidak menambahkan gula atau pemanis lainnya.

Bukan berarti tidak boleh mengkonsumsi makanan minuman manis, namun kamu perlu untuk membatasinya. Seimbangkan mengkonsumsi makanan dengan sumber serat dan vitamin. Setelah makan, imbangi dengan olahraga yang cukup, jalan-jalan santai jadi pilihan yang tepat, sembari liburan menjelajah lebih banyak lokasi wisata.

4. Research lebih detail lokasi kulineran

Kulineran, jadi aktivitas favorit saat liburan. Tentu kamu juga sudah menuliskan, daftar makanan yang wajib kamu coba, beserta lokasinya. Sebelum berkunjung, pastikan kamu research lebih detail, seperti jam buka, harga, pilihan menu lainnya hingga halal dan tidaknya. Jangan sampai kamu salah atau kecewa dengan pilihan tempat kulineran, karena kurang research.

Research lokasi kulineran, bisa dilakukan dengan mengunjungi sosial medianya dan membaca blog traveler. Apalagi di zaman digital seperti sekarang, mencari detail informasi semakin mudah. Dengan research lokasi sebelum bekunjung, dapat menjadi pertimbangan untuk mengunjungi atau mencari alternatif tempat lainnya.

Verified Writer

Yovi Aprilia

Haii, sudah baca berapa lembar hari ini?

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya