TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Daftar 54 Bank di Semarang Layani Penukaran Uang Baru untuk Ramadan

Bank Indonesia siapkan Rp28,1 triliun

Bank Indonesia Jawa Tengah bersama perbankan dan stakeholder meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi), Senin (27/3/2023). (dok. Bank Indonesia)

Semarang, IDN Times - Bank Indonesia (BI) Provinsi Jawa Tengah membuka layanan penukaran uang kartal untuk kebutuhan Ramadan dan Lebaran 2023. Melalui program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi), BI menggandeng perbankan di wilayah Jawa Tengah dan DIY untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap uang pecahan kecil (UPK). 

Baca Juga: Harga Beras hingga Cabai Naik Jelang Ramadan, Ini 7 Strategi BI Jateng Tekan Inflasi

1. BI Jateng sediakan uang kartal Rp28,1 triliun

ilustrasi uang tunai baru (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Pada tahun ini BI Jateng menyediakan uang kartal sebesar Rp28,1 triliun atau meningkat sebesar 11 persen dibandingkan tahun 2022. Khusus untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya, uang kartal yang disediakan sebesar Rp9,4 triliun atau meningkat sebesar 6 persen dari realisasi tahun 2022.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah, Rahmat Dwisaputra mengatakan, untuk mengantisipasi permintaan masyarakat akan uang kartal pihaknya menyiapkan uang kartal kertas dan dan uang logam dalam jumlah nominal serta pecahan yang cukup. 

2. Loket penukaran uang dibuka hingga 19 April

Bank Indonesia Jawa Tengah bersama perbankan dan stakeholder meluncurkan program Semarak Rupiah Ramadan dan Berkah Idul Fitri (Serambi), Senin (27/3/2023). (dok. Bank Indonesia)

‘’Oleh karena itu, masyarakat tidak perlu khawatir akan persediaan uang kartal selama Ramadan dan Lebaran,’’ ungkapnya, Senin (27/3/2023). 

Bank Indonesia menggandeng 95 bank BUMN maupun swasta untuk melayani penukaran uang kartal tersebut. Adapun, loket penukaran uang serentak dibuka mulai 27 Maret sampai 19 April dan tersebar di 472 titik layanan di Jateng dan DIY. Sedangkan, khusus untuk wilayah Kota Semarang dan sekitarnya ada 114 titik layanan. 

Baca Juga: Semarang Masuk Pancaroba, Suhu Udara Awal Puasa Ramadan 33 Derajat

Berita Terkini Lainnya