Comscore Tracker

Layanan Streaming Paling Banyak Diakses saat Lebaran, Naik 26 Persen

Trafik data XL Axiata di Jateng naik 23 persen

Semarang, IDN Times - PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) mencatat peningkatan trafik penggunaan data selama masa libur Hari Raya Idulfitri 1442 Hijriah di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Selama tanggal 29 April 2022 sampai 7 Mei 2022, pelanggan provider tersebut banyak menggunakan layanan data aliran (streaming).

1. Libur Lebaran dan mudik dorong kenaikan trafik layanan data internet

Layanan Streaming Paling Banyak Diakses saat Lebaran, Naik 26 PersenIlustrasi arus mudik di jalan tol. (ANTARA FOTO/Aji Styawan)

Kenaikan trafik layanan data XL Axiata secara nasional mencapai 32 persen atau lebih tinggi dibandingkan periode Lebaran tahun 2021 dan naik 11 persen dibandingkan hari-hari biasa (normal) sebelum Ramadan.

Lonjakan trafik tersebut tidak lepas dari diperbolehkannya kembali masyarakat untuk mudik dan berlibur saat Lebaran.

Kenaikan trafik layanan juga terjadi di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. Ada kenaikan trafik sebesar 23 persen dibandingkan hari biasa.

Baca Juga: Ramadan dan Lebaran, Trafik XL Axiata Diprediksi Naik hingga 15 Persen

2. Akses ke layanan streaming video dan media sosial tinggi

Layanan Streaming Paling Banyak Diakses saat Lebaran, Naik 26 PersenIlustrasi streaming video (unsplash.com/John Schnobrich)

Direktur and Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa menyebut ada kenaikan trafik data yang cukup signifikan. Mayoritas masyarakat memilih untuk mudik setelah adanya pelonggaran yang diberikan oleh pemerintah dan menurunnya kasus COVID-19

"Setelah dua tahun tidak mudik, akhirnya mereka bisa berlebaran di kampung halaman. Data perpindahan masyarakat dari satu area ke area lainnya yang begitu dinamis, sehingga berdampak pada penggunaan trafik data," ungkapnya melalui keterangan resmi, Selasa (10/5/2022).

Akses ke layanan streaming video melalui media sosial mendapat antusiasme tertinggi. XL Axiata mencatat, khusus di Jawa Tengah dan DIY, kenaikan trafik streaming mencapai 26 persen. Disusul oleh social network sebesar 16 persen.

Pada layanan streaming, sejumlah aplikasi ikut meningkat trafik pemakaiannya secara signifikan. Seperti layanan berbasis games naik rata-rata hingga 33 persen, Netflix turun 1 persen, YouTube naik 20 persen, TikTok 36 persen, dan Spotify naik 2 persen.

3. Layanan video conference menurun

Layanan Streaming Paling Banyak Diakses saat Lebaran, Naik 26 PersenIlustrasi Aplikasi Zoom (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Gede menjelaskan, untuk layanan instant messenger secara nasional, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 38 persen. Sedangkan, pada layanan social network trafik Twitter meningkat 29 persen dan Meta (Facebook) 38 persen.

‘’Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 23 persen, sedangkan web browsing naik 35 persen. Untuk layanan video conference Zoom, karena ada libur sekolah dan cuti karyawan maka trafik pemakaiannya relatif stagnan cenderung menurun. Kemudian, untuk layanan peta atau petunjuk rute jalan seperti Google Map dan Waze cukup banyak diakses masyarakat yang melakukan perjalanan, yaitu naik sekitar 47 persen dibanding hari normal,’’ jelasnya.

Khusus Jawa Tengah dan DIY, layanan instant messenger, trafik pemakaian layanan WhatsApp meningkat 12 persen. Sementara itu, pada layanan social network, trafik Twitter meningkat 3 persen dan Meta (Facebook) 18 persen. Layanan lainnya juga mengalami kenaikan trafik, antara lain belanja online melalui e-commerce meningkat hingga 9 persen, dan web browsing naik 17 persen.

Baca Juga: Blibli Pasarkan 16 Produk UMKM Jateng di Rest Area Saat Mudik Lebaran

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya