Comscore Tracker

Masuki New Normal, Pola Layanan Nasmoco Kepada Konsumen Berubah

Pulihkan bisnis otomotif dengan standar kesehatan COVID-19

Semarang, IDN Times - Bisnis otomotif mulai memasuki era normal baru atau new normal setelah terdampak COVID-19 beberapa waktu lalu. Dealer resmi mobil Toyota di Jawa Tengah dan DIY memulihkan bisnis dengan mengubah layanan kepada konsumen.

1. Aktivitas bisnis otomotif saat new normal mulai bergairah

Masuki New Normal, Pola Layanan Nasmoco Kepada Konsumen BerubahDok. Nasmoco Group

Upaya yang dilakukan untuk mengembalikan aktivitas bisnis otomotif tersebut, yakni dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Aturan itu berlaku di seluruh cabang Nasmoco di Jawa Tengah dan DIY.

Managing Director Nasmoco Group, Fatrijanto mengatakan, langkah ini merupakan bagian dari preventif yang pihaknya lakukan agar virus corona tidak menyebar ke pelanggan maupun karyawan. Selain itu, sekaligus memberikan kenyamanan bagi pelanggan.

‘’Tingkat kebersihan di lingkungan Nasmoco kami ditingkatkan. Misalnya, untuk mobil display selalu dilap dengan cairan disinfektan. Pembersihan dilakukan setiap ada pengunjung yang melihat mobil display tersebut. Kami juga selalu menyemprot seluruh ruangan dengan cairan disinfektan setiap sore setelah tutup,” ungkapnya melalui keterangan resmi, Kamis (18/6).

Baca Juga: Pandemik COVID-19, Nasmoco Fokus Layani Pelanggan Melalui Digital 

2. Layanan kepada konsumen ditingkatkan sesuai protokol kesehatan COVID-19

Masuki New Normal, Pola Layanan Nasmoco Kepada Konsumen BerubahDok. Nasmoco Group

Secara lengkap, protokol kesehatan diterapkan sejak masuk dari pintu utama, di sana sudah ada sekuriti yang mengecek suhu dan memastikan pengunjung mengenakan masker. Jika lupa membawa, pengunjung akan diberi masker gratis.

Sebelum masuk ruangan, pengunjung diminta mencuci tangan dengan sabun di tempat yang telah disediakan. Beberapa hand sanitizer juga disediakan di beberapa titik yang mudah dijangkau.

Mengenai fasilitas dan pelayanan, pihak Nasmoco sengaja merancang agar pengunjung menerapkan physical distancing seperti di ruang tunggu, konter, kasir dan lain sebagainya. Seluruh kru juga dibekali alat pelindung diri (APD) lengkap berupa masker, face shield, hingga sarung tangan lateks.

3. Penjualan yang anjlok saat terdampak COVID-19 mulai tumbuh di bulan Juni

Masuki New Normal, Pola Layanan Nasmoco Kepada Konsumen BerubahDok. Nasmoco Group

Sejak menerapkan kebiasaan dan memasuki periode normal baru, bisnis otomotif yang dijalankan Nasmoco pun juga mengalami dampak positif. Misalnya di Nasmoco Majapahit, ketika pemerintah mengumumkan memasuki normal baru, penjualan mobil Toyota di Nasmoco kembali tumbuh.

Supervisor Nasmoco Majapahit Semarang, Pratomo Widodo mengatakan, sebelum ada COVID-19 penjualan di cabang tersebut bisa mencapai 2.000-2.500 unit per bulan. Namun, ketika penyebaran virus corona masuk ke Indonesia penjualan mulai menurun, bahkan anjlok.

‘’Pada bulan Maret 2020, penjualan kami hanya di angka 500 unit. Masuk bulan April dan Mei, penjualan makin drop di angka 300 unit. Memang tidak bisa dipungkiri, otomotif merupakan salah satu sektor yang terdampak COVID-19,’’ katanya.

Kini dengan menerapkan protokol kesehatan dan memasuki periode normal baru, penjualan bulan Juni mulai meningkat hingga 70 persen dibandingkan penjualan di bulan sebelumnya.

4. Sebanyak 24 cabang Nasmoco di Jateng dan DIY tetap beroperasional terbatas

Masuki New Normal, Pola Layanan Nasmoco Kepada Konsumen BerubahDok. Nasmoco Group

Sementara, saat ini 24 cabang jaringan Nasmoco di seluruh Jawa Tengah dan DIY tetap buka dengan jam operasional layanan penjualan mulai 08.15 – 16.30 WIB (Senin-Jumat) dan 08.15 – 12.30 WIB (Sabtu). Sedangkan layanan bengkel buka mulai 08.15 – 16.30 WIB (Senin-Sabtu) dan 09.00 – 15.00 WIB (Minggu dan Hari Libur Nasional). Untuk layanan Bengkel 24 Jam buka mulai 08.15 – 00.00 WIB.

Adapun, pada periode new normal ini pelanggan tetap bisa melakukan pembelian dan layanan bengkel dengan mengunjungi cabang Nasmoco terdekat. Bisa juga memanfaatkan kemudahan layanan secara digital dan online dengan mengakses laman resmi Nasmoco.

Baca Juga: TAM Luncurkan Toyota New Agya Lewat Live Streaming YouTube

Topic:

  • Anggun Puspitoningrum
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya