Comscore Tracker

Nasmoco Perpanjang ISO Berkat Adaptasi Layanan saat Pandemik COVID-19

Servis di sales dan aftersales menjadi prioritas

Semarang, IDN Times - Pelayanan PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group di masa pandemik COVID-19 mendapat pengakuan sistem manajemen mutu. Dealer resmi Toyota di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta itu berhasil mendapatkan sertifikat ISO 9001:2015.

1. Sukses meningkatkan layanan saat masa pandemik

Nasmoco Perpanjang ISO Berkat Adaptasi Layanan saat Pandemik COVID-19Director Nasmoco Group Hartono Dinata (tengah) didampingi Deputy HR & GA Nasmoco Group Luluk Triyatmoko (kanan) dan Branch Manager Nasmoco Ringroad Hariyanto (kiri) menunjukkan sertifat ISO 9001:2015 yang kembali diterima baru-baru ini, sebagai bukti bahwa Perseroan konsisten mempertahankan dan meningkatkan Mutu Layanan. (dok. Nasmoco)

Penghargaan itu diberikan oleh Badan Sertifikasi TUV Rheinland Indonesia kepada Nasmoco karena telah mempertahankan dan meningkatkan konsistensi mutu layanan. Apalagi, di masa pandemik COVID-19 yang memaksa semua elemen beradaptasi dengan kenormalan baru.

Director Nasmoco Group, Hartono Dinata mengatakan, sertifikat tersebut mendorong pihaknya untuk memperkuat komitmen untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan pelayanan sesuai dengan standar internasional sehingga memberikan kepuasan kepada pelanggan. Sebab, kepuasan pelanggan bisa tercapai melalui organisasi yang efektif dan efisien disertai sistem kerja yang terstruktur,

‘’Di tengah dinamika pasar otomotif yang semakin kompetitif dan dampak pandemik COVID-19 yang masih berlangsung, kami memang dituntut untuk mempertahankan dan meningkatkan kepuasan pelanggan sehingga tercipta delight experience,’’ ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga: Nasmoco Optimis Jual 1.600 Unit Fortuner, Gairahkan Pasar SUV Jateng

2. Penerapan untuk operasional penjualan dan layanan bengkel

Nasmoco Perpanjang ISO Berkat Adaptasi Layanan saat Pandemik COVID-19Layanan Nasmoco Home Service. (dok. Instagram nasmoco_world)

Melalui ISO 9001:2015, Nasmoco Group berkomitmen untuk menjalankan standar kerja dan standar pelayanan kepada pelanggan. Sehingga bisa meningkatkan kepercayaan dan pelayanan kepada konsumen. 

Ihwal pencapaian itu, PT New Ratna Motor dan Nasmoco Group berupaya terus memenuhi standarisasi dari PT Toyota Astra Motor (TAM) mengenai operasional di area sales (penjualan) maupun area aftersales (suku cadang dan layanan bengkel).

Sementara itu, penilaian sistem manajemen mutu tersebut merupakan re-sertifikasi dan dilaksanakan untuk memperbarui sertifikasi ISO 9001:2015 yang sudah dicapai pada 2018. Re-sertifikasi bersifat wajib untuk menguji kelayakan apakah sertifikasi sebelumnya layak diperpanjang atau tidak.

3. Berhasil melewati tahapan audit eksternal

Nasmoco Perpanjang ISO Berkat Adaptasi Layanan saat Pandemik COVID-19Nasmoco Group menggelar pameran mobil sport Toyota Gazoo Racing di Mal Paragon Semarang, 22--26 September 2021. (IDN Times/Anggun P)

Selama kurang lebih lima bulan, perusahaan tersebut telah melalui berbagai tahapan audit eksternal di tahun 2021. Tahapan itu terdiri dari tinjauan implementasi, audit internal, rapat tinjauan manajemen dan yang terakhir audit eksternal.

Kemudian, pada tanggal 27 Oktober 2021, Perseroan dinyatakan lulus oleh Badan Sertifikasi TUV Rheinland Indonesia dengan hasil maksimal. Yaitu tidak adanya temuan mayor atau berat (ketidaksesuaian proses yang berpengaruh besar pada kualitas produk/ jasa) dan temuan minor atau ringan (ketidaksesuaian proses yang tidak secara langsung mempengaruhi kualitas produk/jasa).

Baca Juga: 8 Fitur Baru Toyota All New Avanza 2021, Harga di Jateng Rp221 Juta

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya