Comscore Tracker

Promosikan UMKM Saat Pandemi, Gibran Luncurkan Toko Online Rasa Solo 

Terdapat 25 UMKM jual paket hampers.

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming meluncurkan toko online Rasa Solo di Bale Tawangarum, Kamis (22/4/21). Toko online tersebut merupakan hasil kolaborasi Surakarya dengan Tokopedia dan Indosat.

Baca Juga: Gibran Siap Kaji Kebijakan Larangan Konsumsi Daging Anjing

1. Terdapat 25 UMKM terpilih yang ada di Surakarta

Promosikan UMKM Saat Pandemi, Gibran Luncurkan Toko Online Rasa Solo Wali Kota Solo Gibran Rakabuming meluncurkan Rasa Solo. Dok/Humas Pemkot Solo

Rasa Solo merupakan sebuah toko online (https://www.tokopedia.com/rasasolo) yang mewadahi 25 UMKM terpilih oleh Surakarya dengan produk berupa paket hampers.

Gibran berharap dengan adanya Rasa Solo ini, kedepannya UMKM Solo bisa lebih berkembang dalam dunia digital.

"Ya harapannya dengan adanya Rasa Solo ini, UMKM Solo bisa go digital dan naik kelas" pangkasnya.

2. Tak perlu ke Solo

Promosikan UMKM Saat Pandemi, Gibran Luncurkan Toko Online Rasa Solo Produk UMKM.IDNTimes/Larasati Rey

Gibran mengatakan, dengan adanya Rasa Solo bisa mengobati rasa kangen masyarakat atas Kota Solo. Warga luar kota Solo, bisa membeli produk khas Solo tanpa harus datang langsung ke Kota Solo saat masa pandemi Covid-19.

"Tahun ini kita dilarang lagi untuk mudik, ya ini untuk mengobati rasa kangen dan untuk tetap mempererat tali silaturahmi"katanya.

Adanya toko online Rasa Solo ini, memberikan dampak positif bagi UMKM di Kota Solo, selain menaikan omset penjualan, pelaku UMKM sekaligus melakukan promosi.

3. Mendorong perekonomian

Promosikan UMKM Saat Pandemi, Gibran Luncurkan Toko Online Rasa Solo Ilustrasi ekonomi digital (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Sementara itu, Direktur kebijakan Publik dan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni. Kolaborasi dalam Rasa Solo ini diharapkan mampu mendorong bangkitnya UMKM Kota Surakarta di masa pandemi.

"Kami ingin, melalui program ini, UMKM Solo bisa bertahan, bahkan kalo bisa lebih berkembang di era pandemi ini" jelas Astri.

Diharapkan dengan masuknya UMKM ke dunia digital dapat memperluas jangkauan pemasaran produk UMKM Solo. "Karena kami percaya kalau masuk ekosistem digital, jangkauannya tidak hanya Solo tetapi juga seluruh Indonesia" pungkasnya.

Baca Juga: Gibran Ubah Rumah Dinas Jadi Pasar Seni, Tempat UMKM Jualan Takjilan

Topic:

  • Larasati Rey
  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya