Comscore Tracker

5 Rekomendasi Webtoon Lokal Indonesia, Karya Anak Bangsa 

Yuk, dukung webtoon asal Indonesia 

Sejak populer di Indonesia pada 2015 silam, membaca webtoon telah menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan.

Ada banyak jenis cerita webtoon yang bisa dipilih sesuai kesukaan para pembaca. Ide awal untuk membuat komik online yang sekarang dikenal dengan istilah webtoon sendiri berasal dari Korea Selatan dan dicetuskan oleh Kim Jun Koo pada tahun 2004.

Ada banyak cerita webtoon yang dibuat oleh para kreator di seluruh dunia, termasuk kreator dari Indonesia.

Para kreator asal Indonesia telah banyak membuat webtoon dengan berbagai tema dan jalan cerita yang menarik untuk para pembaca, bahkan beberapa di antaranya telah terbit di luar negeri, lho. Yuk, simak 5 rekomendasi webtoon lokal Indonesia ini, dijamin seru dan keren banget!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Webtoon Horor Lokal Indonesia yang Wajib Kalian Baca

1. Who’s Mr. President? 

5 Rekomendasi Webtoon Lokal Indonesia, Karya Anak Bangsa Banner Webtoon Who's Mr. President (instagram.com/artfoliosms)

Webtoon bergenre drama ini bercerita tentang seorang siswi yang berhasil masuk ke sebuah SMA paling elit di Jakarta bernama Chiara. Dalam sekolah tersebut, terdapat peraturan bahwa identitas anggota OSIS harus dirahasiakan.

Namun, secara mendadak Chiara ditunjuk sebagai Wakil Ketua OSIS periode selanjutnya saat masa orientasi. Hal tersebut membuat identitasnya tersebar dan tidak seperti anggota lainnya yang dirahasiakan.

Chiara yang kebingungan karena mendadak menjadi Wakil Ketua OSIS kemudian mendatangi kepala sekolah dan wakil kepala sekolah.

Setelah diberi tahu, Chiara kemudian ditugaskan untuk menyelidiki kasus yang melibatkan ketua osis periode sebelumnya.

Dengan bantuan Ketua OSIS periode terbaru yang identitasnya juga tidak diketahui, Chiara mulai menyelidiki kasus yang disembunyikan oleh sekolah elit tersebut serta alasan dibalik identitas anggota OSIS yang dirahasiakan.

Webtoon Who’s Mr. President merupakan karya terbaru dari kreator webtoon Terlalu Tampan yaitu S.M.S. Who’s Mr. President juga telah terbit di server webtoon Global, Taiwan, dan Thailand. Keren banget, ya!

2. The Lost Harmony 

5 Rekomendasi Webtoon Lokal Indonesia, Karya Anak Bangsa Banner Webtoon The Lost Harmony (twitter.com/linewebtoonid)

Webtoon karya Black chiz cake dan Kobebeef ini berkisah tentang seorang gadis yang tidak bisa mendengar bunyi musik khususnya piano karena trauma bernama Ellie.

Ellie tinggal bersama sahabatnya yang merupakan penggemar seorang pianis terkenal bernama Ethan.

Suatu hari, Ellie dan sahabatnya mendengar kabar kematian Ethan di televisi yang ada di jalan.

Namun, saat mendengar kabar tersebut, Ellie mengalami kecelakaan karena mencoba untuk menyelamatkan sahabatnya yang sedang menangis karena berita kematian Ethan dan hampir tertabrak truk.

Kondisi Ellie yang parah karena kecelakaan tersebut mengharuskannya mendapatkan transplantasi hati dan mata.

Secara kebetulan, Ellie mendapatkan hati dan mata milik Ethan yang hari itu dinyatakan meninggal. Namun saat tersadar setelah operasi, anehnya Ellie bisa melihat arwah Ethan.

Ethan yang sadar bahwa Ellie bisa melihat dirinya lalu meminta bantuannya untuk menyelesaikan lagu terakhirnya sebelum waktunya habis dan menghilang dari dunia.

Dengan dorongan dari Ethan yang tidak memiliki banyak waktu, Ellie akhirnya mencoba untuk menyelesaikan lagu terakhir milik Ethan dan berusaha menyembuhkan traumanya dari musik.

3. Dedes 

5 Rekomendasi Webtoon Lokal Indonesia, Karya Anak Bangsa Banner Webtoon Dedes (twitter.com/linewebtoonid)

Dedes merupakan webtoon bergenre isekai karya egestigi yang terinspirasi dari kisah sejarah Indonesia yaitu Ken Dedes yang merupakan permaisuri dari kerajaan Singasari.

Cerita ini bermula dari seorang mahasiswa bernama Mita yang sedang mengerjakan naskah cerita yang mengangkat tema tentang sejarah Dedes.

Namun, di tengah proses penulisan, Mita mengalami kesulitan dalam mencari data yang akurat tentang kisah Dedes untuk naskah yang sedang dibuatnya.

Saat terbangun dari tidur karena kelelahan, Mita terkejut karena dirinya telah terlempar ke masa lalu dan menjadi Dedes, seorang brahmani yang akan menjadi ibu bagi para raja di tanah Jawa dan menjadi tokoh penting dalam sejarah.

Setelah beradaptasi dengan tubuh Dedes dan menghindari berbagai peristiwa berbahaya yang akan menimpa Dedes, Mita mulai menyadari bahwa sejarah tentang Dedes yang tertulis selama ini tidak sepenuhnya benar.

Webtoon Dedes juga telah terbit di server webtoon Thailand, nih!

4. Garden of The Dead Flowers 

5 Rekomendasi Webtoon Lokal Indonesia, Karya Anak Bangsa Banner Webtoon Garden of The Dead Flowers (twitter.com/linewebtoonid)

Webtoon dengan genre thriller karya Sero dan Corbenyx ini berkisah tentang gadis SMA bernama Mila. Suatu hari, Mila datang ke rumah kakeknya untuk merayakan ulang tahun kakeknya.

Kakek Mila yang bernama Wim De Jager merupakan seorang keturunan Belanda-Indonesia. Saat meniup lilin, kakeknya berharap bahwa dirinya bisa memutar waktu agar bisa menyelamatkan istrinya yang telah meninggal.

Mila hendak mengambil bunga di taman milik kakeknya. Namun, secara tiba-tiba Mila jatuh ke dalam sebuah lubang.

Ketika Mila keluar dari lubang tersebut, Mila terkejut karena melihat seorang laki-laki muda yang mirip dengan kakeknya sedang membunuh seorang gadis. Ternyata Mila telah terlempar ke Batavia pada zaman kolonial Belanda.

Mila tidak menyangka bahwa Kakeknya telah membunuh banyak gadis dan menguburnya bersama bibit bunga hingga tumbuh menjadi bunga baru di tamannya saat masih muda.

Webtoon Garden of The Dead Flowers juga telah terbit di server webtoon Thailand, lho!

5. Scrambled: Journeylism 

5 Rekomendasi Webtoon Lokal Indonesia, Karya Anak Bangsa Banner Webtoon Scrambled: Journeylism (twitter.com/linewebtoonid)

Webtoon karya Lintankleen dan juga telah terbit di server webtoon Thailand ini bercerita tentang cerita seorang gadis bernama Visi yang merupakan siswi SMA yang pemalu.

Karena memiliki ketertarikan dengan jurnalisme, Visi memutuskan untuk bergabung dengan ekstrakulikuler jurnalistik di sekolahnya.

Setelah bergabung, Visi langsung mendapatkan tugas untuk membuat artikel dengan tema 5 pria paling populer di sekolahnya. Sialnya, salah satu cowok yang disukai Visi termasuk di dalamnya.

Visi yang merasa takut dan malu merasa keberatan dengan tema tersebut. Namun, dengan dorongan dari guru pembimbing dan temannya serta keinginannya untuk mengembangkan diri, Visi mencoba untuk mewawancara 5 pria tersebut dan menulis artikelnya.

Para kreator asal Indonesia ini membuktikan bahwa webtoon yang mereka buat juga tidak kalah keren dan menarik dari webtoon asal luar negeri lainnya. Itulah beberapa rekomendasi webtoon lokal Indonesia. Yuk, dukung terus karya anak bangsa!

Baca Juga: Tak Kalah Keren, 9 Drama Korea Yang Diadaptasi Dari Webtoon

Lilis Nur Mukhlisoh Photo Community Writer Lilis Nur Mukhlisoh

Be Kind, Humble, and Love

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya