Comscore Tracker

3 Cara Berbelanja sebagai Terapi Kesehatan Mental, Bikin Bahagia Terus

Gak cuma soal nominal, lho

Pandemik COVID-19 yang penuh dengan ketidakpastian membawa tantangan tersendiri bagi banyak orang di seluruh dunia. Tak terkecuali di Indonesia. Situasi tersebut tidak sedikit menyebabkan cemas, stres, hingga depresi.

Pada masa sulit tersebut, kita dituntut miminal bisa lebih peduli pada kesehatan jiwa dan raga atau lebih yang dikenal dengan self-care. Istilah tersebut merujuk pada cara seseorang yang menyediakan waktu untuk fokus dan merawat diri demi menjaga kesehatan fisik dan mental. Rupanya, salah satu caranya adalah dengan berbelanja.

Self-care penting dilakukan secara rutin dan teratur, bukan hanya ketika memiliki waktu luang saja. Hal ini dapat mengurangi rasa stres yang ditimbulkan oleh berbagai tanggung jawab sehari-hari. Salah satu cara self-care untuk menimbulkan perasaan bahagia adalah dengan berbelanja. Namun, tentunya perlu diingat untuk berbelanja sesuai budget agar tidak semakin menambahkan beban pikiran," kata Psikolog Klinis di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia dan Klinik Tiga Generasi, Sri Juwita Kusumawardhani, M.Psi dalam keterangan resmi yang diterima IDN Times.

Daripada penasaran, simak tiga cara berbelanja yang berbeda di bawah ini sebagai bentuk terapi self-care yang baik untuk kesehatan mental kamu. Cobain, yuk!

1. Berbelanja buat orang lain

3 Cara Berbelanja sebagai Terapi Kesehatan Mental, Bikin Bahagia TerusUnsplash.com/Jacek Dylag

Berbagi dengan orang lain terbukti ampuh bisa mengaktivasi area otak yang mengatur sistem reward. Kondisi tersebut dapat menumbuhkan perasaan tenang dan senang yang baik untuk kesehatan mental.

“Ada tiga hal yang perlu dipenuhi agar berbelanja untuk orang lain bisa berdampak positif kepada diri sendiri, yaitu berbelanja untuk orang yang dianggap dekat, memberikan dampak yang berarti dan merasa bebas menentukan barang yang ingin diberikan,” jelas Wita, sapaan Sri Juwita Kusumawardhani.

Sebagai tanda kasih kepada orang lain, kamu bisa berbelanja dengan memanfaatkan memanfaatkan promo-promo, lho. Jadi, gak perlu merogoh kocek dalam-dalam, kan.

2. Membeli saat ada momen berharga

3 Cara Berbelanja sebagai Terapi Kesehatan Mental, Bikin Bahagia Teruspexels.com/Negative Space

Membeli suatu pengalaman dapat membahagiakan kamu. Perasaan tersebut akan berbeda dan lebih tahan lama di dalam diri karena selalu teringat kembali pada kemudian hari. Terlebih jika momen tersebut dirasakan oleh orang-orang terkasih. Situasinya kayak staycation bareng keluarga atau makan bersama di restoran yang sudah lama pengin dicobain.

Momen-momen itu bisa memberikan kebahagiaan dan dampak positif terhadap kesehatan mental karena bisa dimanfaatkan untuk saling bertukar cerita dan tawa sehingga tidak merasa kesepian melewati berbagai tantangan yang dihadapi, apalagi saat pandemik COVID-19.

3. Belanja barang incaran

3 Cara Berbelanja sebagai Terapi Kesehatan Mental, Bikin Bahagia TerusPexels.com/Andrea Piacquadio

Self-care berhubungan dengan memberikan penghargaan kepada diri sendiri, atau sering disebut dengan self-reward, sehingga lebih termotivasi dan tetap bersemangat menjalani hidup. Salah satu cara self-reward adalah membeli barang-barang yang sudah masuk dalam daftar barang atau wishlist. Apalagi kalau barang tersebut sudah kamu incar sejak lama.

Itulah tadi 3 cara menjadi pribadi yang lebih bahagia dan peduli terhadap diri sendiri dengan berbelanja. Tunggu apalagi, yuk dipraktikkan!

Baca Juga: 7 Cara Jitu Maksimalkan Layanan Konsultasi Medis Online Telemedicine

Topic:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya