Comscore Tracker

5 Cara Terbaru Melunasi Utang di Tahun 2022, Kamu Pasti bisa!

Apakah Anda saat ini berhutang? Ini Solusinya!

Apakah Anda saat ini berhutang? Jika demikian, tentu sangat tidak menyenangkan masih memiliki hutang yang belum terbayar.

Tentu saja hutang yang tidak terkendali dapat berdampak negatif pada kita dan berujung pada stres karena tidak mampu membayar hutang tersebut.

Berikut tips konsolidasi pinjaman yang tepat dan tips cara melunasi utang berikut ini!

Baca Juga: Ingat 5 Hal Ini meski Utang Sudah Lunas, Jangan Lupa Diri!

1. Catat Utang Anda Terlebih dahulu

5 Cara Terbaru Melunasi Utang di Tahun 2022, Kamu Pasti bisa!Ilustrasi Prostitusi (IDN Times/Mardya Shakti)

Cara melunasi hutang yang pertama adalah dengan mencatat semua hutang yang Anda miliki. Ingat semua hutang Anda. Tuliskan pokok dan bunga dan denda, jika ada.

Pilih tempat di mana Anda dapat membuat catatan yang nyaman bagi Anda, terpelihara dengan baik, dan terpelihara dengan baik.

Misalnya, tuliskan hutang Anda di catatan telepon atau buat Google Spreadsheet dan simpan ke Google Drive. Tidak apa-apa jika Anda suka menulis lurus seperti buku catatan! Pastikan dapat disimpan dengan benar.

2. Tetapkan Prioritas 

5 Cara Terbaru Melunasi Utang di Tahun 2022, Kamu Pasti bisa!Ilustrasi Materialistis (IDN Times/Mardya Shakti)

Setelah hutang Anda terdaftar, prioritaskan. Tentu saja, jika Anda hanya memiliki satu hutang, Anda dapat melewati poin ini. Namun, jika Anda memiliki beberapa utang yang harus dilunasi, perhatikan prioritas hutang yang harus dilunasi terlebih dahulu.

Misalnya, Kewajiban A jatuh tempo 10 hari dan harus dilunasi sesegera mungkin, kemudian Kewajiban B jatuh tempo dalam 3 hari, dan seterusnya.

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

3. Cari penghasilan sampingan atau tambahan

5 Cara Terbaru Melunasi Utang di Tahun 2022, Kamu Pasti bisa!Ilustrasi Friend with Benefit (Teman Tidur) (IDN Times/Mardya Shakti)

Mencari penghasilan memang tidak mudah. Kita harus berjuang dan bekerja lebih keras untuk mendapatkan penghasilan yang memenuhi kebutuhan semua orang.

Jika Anda berada dalam situasi atau situasi seperti ini dimana penghasilan Anda berkurang tetapi Anda masih harus mengeluarkan uang untuk kebutuhan tertentu, mulailah mencari penghasilan tambahan!

Seperti fotografi, pembuatan logo, dll. Jika Anda terus mencoba, Anda akan menemukan jalan Anda, Uang ekstra yang Anda peroleh dapat digunakan untuk melunasi hutang Anda.

4. Jangan tambah hutang baru, Batasi segera!

5 Cara Terbaru Melunasi Utang di Tahun 2022, Kamu Pasti bisa!Ilustrasi Cicilan (IDN Times/Arief Rahmat)

Hal berikutnya yang harus diwaspadai adalah membatasi atau menghentikan utang baru. Lakukan semua yang Anda bisa untuk menghindari terbebani dengan utang baru.

Lunasi dulu hutang-hutang yang ada agar kamu tidak bersusah payah di kemudian hari. Apalagi mengingat situasi dan kondisi saat ini.

5. Hindari kebutuhan berlebih dan mulailah hidup lebih efisien

5 Cara Terbaru Melunasi Utang di Tahun 2022, Kamu Pasti bisa!Ilustrasi menabung (IDN Times/Arief Rahmat)

Setelah kamu menyelesaikan poin-poin ini, jangan lupa untuk hidup lebih hemat, Hindari pengeluaran untuk hal-hal penting dan mulailah melacak pengeluaran Anda untuk menghindari pemborosan uang untuk kebutuhan yang tidak penting.

Gunakan sebaik mungkin agar Anda bisa menggunakan sisa uang Anda untuk melunasi hutang dan menabung.

Baca Juga: Pusing Banyak Tagihan? Ini 7 Cara Cepat Lunasi Utang

Dicky abrahamorneta Photo Community Writer Dicky abrahamorneta

Thank you

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya