Cerita Alfa Bintang, Menjaga Asa Musik Orkestra di Kota Semarang

Orkestra jadi genre yang mewarnai belantika musik Tanah Air

Semarang, IDN Times - Geliat musik di Kota Semarang makin hari memang makin berkembang. Sebut saja sejumlah musisi lokal Semarang yang mulai melebarkan sayap hinggal skala nasional. Ada Good Morning Everyone yang sudah digandeng label ternama, hinggal Figura Renata serta Soegi Bornean yang juga dilirik agency musik ibu kota.

Menariknya, tak hanya musisi di berbagai genre musik pop dan folk tersebut yang terus eksist, genre musik orkestra ternyata punya cerita dan juga berkembang di Kota Lunpia.

1. Alfa pede bisa ramaikan industri musik Indonesia lewat genre orkestra

Cerita Alfa Bintang, Menjaga Asa Musik Orkestra di Kota SemarangUnsplash.com/Diogo Nunes

Salah satu yang terus menjaga eksistensi genre orkestra di Kota Semarang yakni Alfa Bintang, musisi asli semarang yang dikenal memiliki segudang prestasi dibidang musik.

Kecintaan Alfa terhadap musik sudah dimulai sejak kecil. Dimulai dengan belajar berbagai alat musik dari orang tuanya, ia mantab untuk menempuh pendidikan di Sekolah Menengah Musik Yogyakarta dan berlanjut di Jurusan Musik Universitas Negeri Semarang.

Bagi Alfa musik okestra sendiri bukan hal yang baru baginya. Sejak 2014 ia sudah fokus berekspedisi di musik orkestra. Berbekal pengalaman belajar orkestra dari berbagai musisi ternama, Alfa juga tiga kali mencicipi panggung di istana negara bersama musik orkestra.

"Musik orkestra bagi saya punya ikatan emosional tersendiri, sehingga saya punya ketertarikan khusus untuk menyelami lebih dalam. Terlebih saya juga ingin Semarang  dikenal karena musik orkestranya," kata pemuda kelahiran 21 tahun silam itu, Jumat (18/2/2022).

Baca Juga: 5 Ragam Oleh-oleh Makanan Khas Semarang yang Bisa Diborong

2. Alfa berusaha kolaborasi dengan musisi lintas genre

Lanjutkan membaca artikel di bawah

Editor’s picks

Cerita Alfa Bintang, Menjaga Asa Musik Orkestra di Kota Semarangilustrasi orkestra (pexels.com/cottonbro)

Saat ini, kecintaannya terhadap musik orkestra juga direalisasikan melalui orkestra besutannya sendiri. Mengusung nama Alfa Bintang Orkestra, ia mengaku ingin terus terlibat dalam merawat genre orkestra di Kota semarang.

Meski tergolong masih berumur jagung, Alfa Bintang Orkestra pun berisikan musisi-musisi yang sudah katam mengenyam pendidikan musik. Yang paling anyar, beberapa waktu lalu Alfa Bintang Orkestra sukse membuat kagum pengunjung Marabunta Semarang saat membawakan sejumlah lagu populer dengan aransemen klasik.

"Kemarin kami juga berkesempatan mengiringi Violinis berbakat Iqbal Harja Maulana. Kami juga saat ini terus fokus latihan dan membuat aransemen-aransemen baru," imbuh Alfa yang pernah dipercaya mengaransemen Konser Melly Goeslaw itu.

3. Musik orkestra mulai muncul di Semarang

Cerita Alfa Bintang, Menjaga Asa Musik Orkestra di Kota Semarangpixabay.com

Alfa pun berharap, melalui Alfa Bintang Orkestra ia terus menghadirkan karya-karya yang bisa dinikmati orang banyak khususnya di Kota Semarang. 

Baginya meramu komposisi musik dan memproduksi karya-karya di musik orkes merupakan panggilan jiwa yang tak tergantikan. Ia pun punya mimpi orkestra miliknya dikenal tak hanya Indonesia melainkan sampai ke mancanegara.

"Semoga melalui Alfa Bintang Orkestra saya bisa turut berkontribusi menjaga ekosistem musik di Kota Semarang. Semoga Semarang jadi salah satu kota yang kaya akan karya-karya di Bidang musik," pungkasnya.

Baca Juga: Informasi Wisata Dusun Semilir Kabupaten Semarang: Lokasi dan Rute

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya