TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gempa Megathrust Ancam Pansela, Rumah Warga Kebumen Harus Dibuat Tahan Gempa

Ganjar minta REI edukasi warga Kebumen

Anggota Polres Kebumen megerahkan anjing pelacak untuk mendeteksi benda-benda berbahaya di gereja-gereja yang kan digunakan untuk perayaan Natal. Humas Polres Kebumen

Kebumen, IDN Times - Sejumlah warga Kabupaten Kebumen terutama yang tinggal di dekat pantai selatan (pansela) dan perairan Samudera Hindia saat ini disarankan membuat bangunan rumah yang tahan gempa.

Para kontraktor bangunan dan REI telah diperintahkan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo untuk membantu warga agar memiliki rumah tahan gempa. 

Baca Juga: BMKG Pasang 22 Seismograf, 38 Kali Gempa Darat Muncul di Jateng

1. Ganjar minta warga Kebumen perkuat rumah yang tahan gempa

Ilustrasi gempa (IDN Times/Arief Rahmat)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan pembuatan rancang bangun rumah yang tahan gempa perlu dilakukan mengingat wilayah Pansela memiliki potensi terkena gempa bumi Megathrust. 

"Di wilayah itu konstruksi bangunan sekarang mesti betul-betul tahan bencana, maka kalau dari dinas PUPR yang ngurusi perumahan, kita mengharapkan edukasi," kata Ganjar, Sabtu (26/11/2022). 

2. Ganjar minta teknologi Jepang dipakai di Kebumen

Dok. Humas Pemprov Jateng

Menurut Ganjar teknologi tahan gempa yang diterapkan di Jepang, juga bisa diterapkan di Kebumen. Sehingga, tambahnya bangunan-bangunan di wilayah Kebumen bisa lebih tahan bencana.

"Dalam hal yang sudah jadi, itu teknologi yang di Jepang semua disuntik dengan peralatan sehingga mereka konstruksinya jauh lebih kuat. Ini penting untuk disampaikan ke warga yang ada di sana," cetusnya. 

3. REI diharapkan tularkan ilmu rumah tahan gempa

Ilustrasi rumah. ANTARA FOTO/Fauzan

Lebih jauh lagi, ia mengimbau kepada masyarakat di sekitar Pansela untuk mulai memperhatikan konstruksi bangunannya. 

Ia juga berharap dari organisasi dan pengusaha konstruksi seperti REI juga turut mengedukasi. Para kontraktor bangunan lebih baik mulai menyebarluaskan ilmunya mengenai pembuatan rumah tahan gempa bagi warga Kebumen. 

"Kayak kontraktor, penyedia jasa atau REI yang punya ilmu untuk membangun rumah itu, tolong sekarang mulai memasukkan ilmunya tentang bagaimana membuat bangunan yang tahan bencana," ujar Ganjar. 

Baca Juga: Geger Munas Solo, Ganjar Pranowo Sarankan HIPMI Contoh Muktamar Muhammadiyah

Berita Terkini Lainnya