BTP Semarang Akui Butuh Sinergi Intensif untuk Percepat Proyek Viaduk Gilingan

Proyek sudah dikerjakan 58 persen

Semarang, IDN Times - Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Semarang membutuhkan upaya sinergitas yang intensif guna mempercepat penyelesaian proyek Viaduk Gilingan. Sebab, pembangunan Viaduk Gilingan juga mengerjakan pembuatan jalur rel ganda KA Stasiun Solo Balapan-Kadipiro, Kalioso. 

1. Proyek Viaduk Gilingan bersinggungan dengan banyak utilitas

BTP Semarang Akui Butuh Sinergi Intensif untuk Percepat Proyek Viaduk GilinganMobil Dinas Gibran Rakabuming di proyek Viaduk Gilingan. (IDN Times/Larasati Rey)

Pekerja Pembuat Komitmen Kegiatan Pengembangan I BTP Kelas I Semarang, Hardianto Eko, menuturkan jika secara keseluruhan pembuatan jalur rel ganda yang melintang dari Solo Balapan sampai Kalioso mencapai 58,04 persen. 

Meski demikian, menurutnya untuk tahapan proyek Viaduk Gilingan sangat bersinggungan dengan banyak utilitas pekerjaan sehingga pada pelaksanaanya memerlukan koordinasi yang intensif. 

"Untuk Viaduk Gilingan ini memang banyak utilitas yang perlu disesuaikan, sudah kami koordinasikan dengan pemangku kepentingan terkait," katanya dalam keterangan resmi, Selasa (11/7/2023). 

Baca Juga: Alasan Gibran Parkir Mobil Dinas di Viaduk Gilingan: Kesal sama Warga

2. Akses sekitar Viaduk akan dibuka fungsional

BTP Semarang Akui Butuh Sinergi Intensif untuk Percepat Proyek Viaduk GilinganMobil Dinas Gibran Rakabuming di proyek Viaduk Gilingan. (IDN Times/Larasati Rey)

Ia menyampaikan langkah yang ditempuh untuk menyiasati kepadatan lalu lintas di sekitar lokasi proyek yaitu dengan membuka akses Viaduk Gilingan secara fungsional. Apalagi di lokasi yang sama juga terdapat jalur rel ganda KA terutama yang dibangun di Simpang Joglo. 

"Kami upayakan akses lalu lintas dapat dibuka fungsional dalam waktu dekat, karena titik krusial pembangunan jalur ganda KA ada di Simpang Joglo dan Viaduk Gilingan,” lanjutnya. 

3. Area kerja terbatas

BTP Semarang Akui Butuh Sinergi Intensif untuk Percepat Proyek Viaduk GilinganIlustrasi pekerjaan proyek.(ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas)

Untuk saat ini pihaknya sedang mengebut pengerjaan pemasangan girder oprit jalur layang (elevated) dan menyelesaikan pemasangan badan jalan untuk rel ganda. 

Adapun pemasangan rangka jembatan baja Simpang Joglo, katanya memiliki tantangan tersendiri terutama pada area kerja yang terbatas. 

Cara untuk menyelesaikannya, ia menjelaskan dengan memaksimalkan area kerja proyek. 

“Ini kami siasati dengan mengoptimalkan area kerja terhadap sequence pekerjaan. Kami berterima kasih atas dukungan masyarakat Surakarta dan sekitarnya selama ini. Terutama nantinya pada proses pengerjaan bentang jembatan KA yang memerlukan aspek keselamatan tinggi, akan diterapkan manajemen rekayasa lalu lintas di area Simpang Joglo setelah akses lalu lintas di Viaduk Gilingan dibuka fungsional," tuturnya.

4. BTP Semarang minta dukungan warga Solo

BTP Semarang Akui Butuh Sinergi Intensif untuk Percepat Proyek Viaduk GilinganProyek pembangunan Viaduk Gilingan. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, ia mengklaim bisa memastikan kordinasi dan sinergi dengan pihak terkait tetap berjalan agar proses pembayaran tunggakan proyek Viaduk Gilingan tetap lancar. Pihaknya berharap, warga Solo dan stakeholder terkait terus mendukung proyek ini berlangsung agar dapat diselesaikan tepat waktu.

Baca Juga: Melihat Dari Dekat Rumah Jagal Anjing di Gilingan, Usaha Turun Temurun

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya