TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kekeringan, 69.600 Liter Air Disalurkan ke Krendowahono Karanganyar 

Merupakan desa terdampak kekeringan di Karanganyar

Penyaluran air bersih ke Desa Krendowahono, Rabu (27/9/2023).(Dok/Istimewa)

Karanganyar, IDN Times - Sebanyak 8 tanki air bersih berkapasitas 8.700 liter per tanki dikirim ke Desa Krendowahono, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Desa tersebut menjadi salah satu kawasan yang terdampak kekeringan di musim kemarau.

Baca Juga: Laboratorium Kultur Karanganyar, Jalan untuk Konservasi Anggrek Lawu

1. Sebanyak 69.600 liter air didistribusikan

Penyaluran air bersih ke Desa Krendowahono, Rabu (27/9/2023).(Dok/Istimewa)

Pengiriman air bersih tersebut merupakan kerjasama dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten dengan Lorin Grup. Sebanyak 69.600 liter air bersih itu disalurkan langsung kepada warga di Desa tersebut.

Kepala Desa Krendowahono, Syarif Hidayat mengaku selama musim kemarau panjang jumlah air bersih di desa setempat sangat terbatas. Tak hanya itu, air yang keluar di rumah-rumah warga tidak layak konsumsi. Warnanya kuning dan mengandung kapur.

"Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, warga biasanya membeli air bersih. Karena air yang tersedia saat ini tidak bisa untuk memasak atau minum. Harganya Rp 5 ribu untuk 20 liter. Bagi warga desa, ini cukup memberatkan, jelasnya, Rabu (27/9/2023).

2. Air untuk 407 kepala keluarga

Penyaluran air bersih ke Desa Krendowahono, Rabu (27/9/2023).(Dok/Istimewa)

Air sebanyak 69.600 liter tersebut rencannya akan didistribusikan ke 407 kepala keluarga di desa paling terdampak krisis air, yakni di Desa Krendowahono.

"Kami sangat berterimakasih Lorin Group menyalurkan banyak air bersih ke desa kami,” ujarnya.

“Kami melihat kemarau panjang kali ini mengakibatkan banyak daerah mengalami krisis air bersih. Termasuk di Kabupaten Karanganyar. Melalui kegiatan charity, Lorin Group ingin berkontribusi menekan dampak krisis air bersih ini. Agar tidak semakin meluas,” ungkap General Manager Lorin Solo Hotel, Lorin D’ Wangsa Hotel, dan Syariah Hotel Solo, Heri Haryosa saat penyaluran air bersih yang dipusatkan di Dukuh Sangiran, Dusun Ngrawan, salah satu dusun di Desa Krendowahono.

Baca Juga: Wisata Unik ke Bekas Pabrik Gula De Tjolomadoe Karanganyar

Berita Terkini Lainnya