Alumni Undip Pilih Dukung Ganjar, Rektor: Kita Bersih dari Pengaruh Partai

Dilarang pakai embel-embel Undip untuk dukung Capres

Semarang, IDN Times - Sejumlah alumni Universitas Diponegoro (Undip) Semarang memutuskan memberikan dukungannya kepada bacapres yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo. Pihak kampus Undip menyatakan dukungan terhadap Ganjar tidak serta-merta menunjukkan arah kebijakan kampusnya. 

“Kami menyatakan bahwa Universitas Diponegoro adalah lembaga pendidikan yang bersifat netral yang tidak mendukung salah satu calon tertentu,” kata Rektor Undip, Prof Yos Johan Utama, Jumat (26/8/2023). 

Baca Juga: Prof Suharnomo Terpilih Jadi Rektor Undip, Proses Debat Diklaim Terbuka

1. Rektor Undip ngaku pilihan capres sifatnya rahasia

Alumni Undip Pilih Dukung Ganjar, Rektor: Kita Bersih dari Pengaruh PartaiRektor Undip Prof Yos Johan Utama memakaikan topi KKN secara simbolis kepada mahasiswa yang akan berangkat KKN ke 10 kabupaten. (IDN Times/Dok Humas Undip)

Ia menuturkan kampusnya selama ini relatif bersih dari pengaruh partai politik (parpol). Selain itu, kata Yos kampusnya juga tidak ada politik praktis. 

Ia menuturkan adanya pilihan alumni Undip ke Ganjar Pranowo tidak membawa nama kampusnya. Menurutnya, sebuah pilihan calon presiden bersifat rahasia. 

“Untuk memilih calon presiden adalah pilihan individu yang bersifat rahasia. Sehingga pilihan adalah pilihan pribadi atau individu bukan atas nama lembaga atau institusi,” ujarnya. 

2. Klaim Undip masih mengusung nilai-nilai Pancasila

Alumni Undip Pilih Dukung Ganjar, Rektor: Kita Bersih dari Pengaruh PartaiRektor Undip Prof Yos Johan Utama bersama puluhan guru PAUD berpose dalam acara pertemuan di Gedung Prof Sudharto, Tembalang Semarang. (IDN Times/Dok Humas Undip)

Yos pun berdalih bahwa kampusnya masih menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila terutama mengenai netralitas sebagai kampus yang bersih dari praktik politik praktis. 

“Karena sejatinya kampus Undip yang menjunjung tinggi nilai Pancasila yang mengutamakan netralitas sebagai kampus yang bersih dari pengaruh politik praktis,” kata Yos. 

3. Dukungan capres dilarang pakai embel-embel Undip

Alumni Undip Pilih Dukung Ganjar, Rektor: Kita Bersih dari Pengaruh PartaiBakal calon presiden dari PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo meminta kader partai dari seluruh tingkatan untuk mau berjuang mengantarkan kemenangan ketiga kalinya atau hattrick pada Pemilu 2024 mendatang. (Dok. PDIP)

Yos mengaku telah melarang para mahasiswa, jajaran karyawan dan pihak lain agar tidak memakai embel-embel Undip saat masuk ke ranah politik. Termasuk ketika memutuskan memberikan dukungan kepada para bacapres yang maju dalam kontestasi Pilpres 2024.

"Undip melarang pihak manapun menggunakan nama institusi Universitas Diponegoro dalam upaya memberikan dukungan kepada calon presiden dan atau partai politik manapun," tukasnya. 

Baca Juga: Ikut Fun Hiking, Mahasiswi Undip Meninggal di Pos 4 Gunung Lawu

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya