Resmi Dibuka 1 Juni, KA Manahan Berangkat Tiap Akhir Pekan

Simak jadwalnya berikut ini.

Surakarta, IDN Times - PT Kereta Api Indonesia (KAI) Persero meresmikan peluncuran kereta api baru yaitu KA Manahan di Stasiun Solo Balapan, pada hari pertama pemberlakuan Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka), Kamis (1/6/2023).

Seperti yang diketahui, pada penerapan Gapeka 2023 terdapat beberapa KA baru yang dioperasikan dan peresmiannya dilakukan secara serentak pada hari ini di berbagai daerah.

Baca Juga: Jadwal KRL Solo-Jogja Terbaru Dari Solo Balapan ke Stasiun Tugu

1. Merupakan jenis KA Eksekutif.

Resmi Dibuka 1 Juni, KA Manahan Berangkat Tiap Akhir PekanGerbong KA Manahan rute Solo-Jakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

KA Manahan merupakan KA kelas eksekutif yang membawa 8 kereta dengan kapasitas 400 Tempat duduk atau seat.

Pada tahap awal atau selama bulan Juni 2023, KA Manahan beroperasi secara fakultatif, disesuaikan dengan permintaan pangsa pasar (pelanggan dapat melihat jadwalnya di aplikasi KAI Access, web kai.id, atau chanel eksternal resmi yang bekerja sama dengan KAI).

Nama KA Manahan sendiri diambil dari tokoh masyarakat setempat bernama Ki Ageng Pemanahan. Ki Ageng Pemanahan merupakan tokoh yang disegani dan dihormati rakyat di kawasan itu pada tahun 1500-an. Selain itu Manahan juga merupakan nama sebuah kelurahan di Kecamatan Banjarsari, Kota Solo.

"Dengan penamaan tersebut diharapkan KA Manahan dapat membawa semangat untuk menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal yang dijunjung tinggi masyarakat setempat seperti keramahan, keberagaman, kearifan lokal, atau tradisi budaya yang khas bagi masyarakat Solo," ujar Direktur Pengelolaan Prasarana KAI Heru Kuswanto usai peresmian di Stasiun Balapan, Kamis (1/6/2023).

2. Harga tiket KA Manahan.

Resmi Dibuka 1 Juni, KA Manahan Berangkat Tiap Akhir PekanDirektur Pengelolaan Prasarana KAI, Heru Kuswanto. (IDN Times/Larasati Rey)

Lebih lanjut, Heru mengatakan bahwa dengan dioperasikannya KA baru tersebut tentunya akan menambah pilihan perjalanan menggunakan KA sehingga masyarakat dapat menyesuaikan dengan waktu yang diinginkan.

"Selain itu juga diharapkan penambahan KA baru dapat meningkatkan mobilitas dan animo masyarakat dalam menggunakan transportasi yang aman, nyaman, dan sehat," kata Heru.

Adapun, harga Tiket KA Manahan Jakarta Solo mulai Rp500.000 – Rp630.000, waktu tempuh 8 jam 5 menit.

Sedangkan, harga Tiket Kereta Manahan Solo Jakarta mulai dari Rp500.000 – Rp630.000, waktu tempuh 8 jam 18 menit. Tiket bisa dipesan di KAI Acces, Tiket,com dan Traveloka.

3. Jadwal KA Manahan.

Resmi Dibuka 1 Juni, KA Manahan Berangkat Tiap Akhir PekanIlustrasi kereta api. (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Beberapa KA Baru yang berangkat awal dari stasiun-stasiun Daop 6 yaitu:

1. KA Manahan nomor 79F relasi Solobalapan-Gambir sementara jalan tiap akhir pekan selama bulan Juni 2023, Berangkat stasiun Solobalapan pukul 09.45 dan sampai st Gambir pukul 18.03 WIB.

2. KA Manahan nomor 81F relasi Solobalapan-Gambir, sementara jalan tiap akhir pekan selama bulan Juni 2023, Berangkat stasiun Solobalapan pukul 22.35 dan sampai Stasiun Gambir pukul 06.36 WIB.

Baca Juga: Saat Anak-anak Difabel Mencoba Fasilitas KRL Solo Jogja: Sudah Ada AC

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya