Sebelum Debat, Gibran Dapat Pesan Dari Jokowi Hingga Ganjar 

Peserta debat digelar terbatas.

Solo, IDN Times - Calon Wali Kota Solod ari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Gibran Rakabuming Raka telah melakukan persiapan debat putaran I Pilkada Solo yang digelar Jumat (6/11/20) di The Sunan Hotel Solo.

Baca Juga: Inilah 5 Panelis yang Dihadirkan di Debat Gibran-Teguh vs Bajo

1. Sempat telepon Jokowi sebelum debat

Sebelum Debat, Gibran Dapat Pesan Dari Jokowi Hingga Ganjar ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sebelum debat, Gibran mengaku telah menelpon ayahnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta restu doa restu saat debat melawan pasangan independen Bagyo Wahyono dan FX Suparjo.

"Kemarin malam meneleponnya. Pesannya (disuruh) santai saja, tidak usah tegang," ujarnya.

Gibran mengaku sudah tiga kali melakukan simulasi debat, terakhir pada hari Kamis kemarin. Ia yakin dan siap biasa adu visi misi dalam acara tersebut.

2. Sarapan soto bersama Ganjar

Sebelum Debat, Gibran Dapat Pesan Dari Jokowi Hingga Ganjar Gibran Rakabuming Raka bersama Ganjar Pranowo menyapa penjual soto Gading. Dok/Gibran Rakabuming Raka

Pada Jumlat pagi sekitar pukul 09.00 WIB, Gibran juga bersama Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk sarapan bersama di Soto Gading, Solo.

Keduanya nampak menyapa para karyawan dan pengunjung rumah makan langganan Presiden Jokowi tersebut. Selan sarapan bersama, keduanya juga juga blusukan untuk menyapa para pedagang pasar Notoharjo. Dalam kesempatan tersebut Gibran menuturkan jika mendapat pesan dari Ganjar terkait pelaksaan debat putaran I yakni harus santai saat debat.

"Ya, tadi Pak Ganjar menyarankan santai saja pas debat. Persiapannya biasa saja, sudah latihan simulasi tiga kali,” ungkap Gibran.

3. Lokasi debat disterilkan

Sebelum Debat, Gibran Dapat Pesan Dari Jokowi Hingga Ganjar Lokasi debat putaran I Pilkada Solo di The Sunan Hotel, disterilkan. Dok/The Sunan Hotel

Peserta debat berlangsung secara terbatas, yakni sebanyak 50 orang. Hal itu sesuai dengan aturan protokol kesehatan. Bahkan, sebelum acara ruangan debat disterilkan guna mencegah adanya penyebaran virus corona.

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan debat yang akan digelar pada pukul 19.00 WIB- 20.00 WIB di The Sunan Hotel, akan disiarkan secara live streaming di media sosial (medsos) Facebook dan Instagram @kpusurakarta , dan juga stasiun televisi nasional MetroTV.

Debat putaran I tersebut yakni 'Mengembangkan Surakarta sebagai Kota Budaya dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan yang Adil dan Merata di Era Digital'. Sebanyak lima panelis yakni Dekan FISIP UNS Prof.Dr.Ismi Dwi Astuti N,.Msi , Dekan Komunikasi UNS Sri Hastjarjo,S.Sos,Ph.D , Aktifis LSM Ahmad Rifai, Aktifis Diffable Pamikatsih, dan Pengusaha Batik Gunawan Setiawan.

"Bahasa di ketentuan PKPU dan Keputusan KPU RI adalah Tim Penyusun Materi Debat Publik Antar Paslon, tapi masyarakat biasa menyebut dengan Panelis," ujarnya Rabu (4/11/20).

 

Baca Juga: Jelang Debat Pilwakot Solo, Gibran Harus Asah Mental dan Bisa Guyon

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya