Jelang Debat Pilwakot Solo, Gibran Harus Asah Mental dan Bisa Guyon

Ganjar berikan coaching clinic buat Gibran

Solo, IDN Times - Putra sulung Presiden Jokowi yang saat ini maju di Pilwalkot Solo, Gibran Rakabuming Raka, diminta mengasah mental kemenangannya saat menjelang debat kandidat melawan kompetitornya, Bagyo Wahyono dan FX Suparjo alias (Bajo).

 

1. Ganjar: Mas Gibran paling penting menyiapkan mental kemenangan

Jelang Debat Pilwakot Solo, Gibran Harus Asah Mental dan Bisa GuyonGibran Rakabuming Raka (ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha)

Saat menemui Gibran di Solo, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku sudah memberikan coaching clinic kepada calon wali kota Solo tersebut.

"Saya sampaikan pada Mas Gibran, persiapan untuk debat yang paling penting adalah menyiapkan mental kemenangan. Mental menang itu mesti tenang, mesti tahu persoalan dan mesti bisa responsif," kata Ganjar dalam keterangan yang didapat IDN Times, Jumat (6/11/2020).

Hari ini Ganjar yang sedang cuti kerja mengajak Gibran sarapan bareng di Soto Gading. Lalu dilanjutkan dengan blusukan ke Pasar Klitikan  Notohardjo.

Ia menganggap karakteristik Solo sangat menarik. Terlalu banyak hal menarik di Solo yang bisa didorong untuk pertumbuhan ekonomi.

"Mas Gibran punya prioritas utama membangkitkan UKM, maka dia minta dukungan tentang itu termasuk untuk pembangunan coworking space yang akan kami bangun di Solo. Selain itu, Mas Gibran juga minta dukungan pendidikan yakni pembangunan sekolah SMA. Nanti kami bantu," ungkapnya.

Baca Juga: Dana Kampanye Gibran-Teguh Rp650 Juta, Bajo Rp116 Juta 

2. Gibran harus santai dan bisa guyon

Jelang Debat Pilwakot Solo, Gibran Harus Asah Mental dan Bisa GuyonHobi Calon Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming (Dok. Pribadi/Gibran)

Saat debat nanti, katanya Gibran juga harus lebih santai saat memaparkan visi misinya. Ia menyarankan agar Gibran tak usah tegang. Ganjar bilang Gibran harus lebih rileks dengan diselingi guyonan-guyonan.

"Harus santai, komunikasinya seperti saat tadi menyapa pedagang di pasar klitikan, bisa guyon. Bagus seperti itu," bebernya.

3. Gibran ngaku sudah simulasi debat kandidat sampai tiga kali

Jelang Debat Pilwakot Solo, Gibran Harus Asah Mental dan Bisa GuyonPutra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka. ANTARA FOTO/Mohammad Ayudha

Sedangkan bagi Gibran Rakabhming Raka untuk debat kandidat Pilwakot Solo, dirinya tidak memiliki persiapan khusus. 

Ia mengaku sudah melakukan simulasi sampai tiga kali agar bisa menyiapkan mentalnya saat melawan pasangan Bajo.

"Ndak ada persiapan khusus, biasa-biasa saja. Ya memang kita sudah simulasi, sudah tiga kali," tandasnya.

Baca Juga: Arah Erupsi Gunung Merapi ke Klaten, Ganjar: Warga Jangan Panik

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya