Inilah 5 Panelis yang Dihadirkan di Debat Gibran-Teguh vs Bajo

Debat digelar tanggal 6 November dan disiarkan di TV

Solo, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Solo telah menetapkan lima panelis yang akan dihadirkan dalam debat putaran I Pemilihan Wali Kota (Pilwalkot) Solo yang akan digelar pada tanggal 6 November 2020.

Baca Juga: Dana Kampanye Gibran-Teguh Rp650 Juta, Bajo Rp116 Juta 

1. Berasal dari akademisi hingga pengusaha

Inilah 5 Panelis yang Dihadirkan di Debat Gibran-Teguh vs BajoKetua KPU Solo, Nurul Sutarti. IDNTimes/Larasati Rey

Ketua KPU Solo, Nurul Sutarti mengatakan berdasarkan surat Komisi Pemilihan Umum Kota Surakarta Nomor 821/PL.04.6-Und/3372/KPU-Kot/X/2020 disebutkan nama-nama panelis yang akan dihadirkan dalam debat putaran I tersebut.

Kelima panelis tersebut yakni Dekan FISIP UNS Prof.Dr.Ismi Dwi Astuti N,.Msi , Dekan Komunikasi UNS Sri Hastjarjo,S.Sos,Ph.D , Aktifis LSM Ahmad Rifai, Aktifis Diffable Pamikatsih, dan Pengusaha Batik Gunawan Setiawan.

"Bahasa di ketentuan PKPU dan Keputusan KPU RI adalah Tim Penyusun Materi Debat Publik Antar Paslon, tapi masyarakat biasa menyebut dengan Panelis," ujarnya Rabu (4/11/20).

2. Mengambil tema soal pembangunan berkelanjutan

Inilah 5 Panelis yang Dihadirkan di Debat Gibran-Teguh vs BajoPengambilan nomor paslon Gibran-Teguh dan Bajo. IDNTimes/Larasati Rey

Lebih lanjut, Nurul mengatakan untuk tema yang akan diangkat dalam debat putaran I tersebut yakni 'Mengembangkan Surakarta sebagai Kota Budaya dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan yang Adil dan Merata di Era Digital'.

Dalam debat nantinya para panelis akan menilai visi misi dua pasangan calon wali kota dan wakil wali kota yang bersaing dalam Pilkada Solo 2020, yaitu Gibran Rakabuming Raka-Teguh Prakosa yang diusung PDIP, dan pasangan Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo) dari jalur independen.

Debat akan digelar sebanyak dua kali. Debat pertama berlangsung pada Jumat, 6 November 2020. "Debat kedua dijadwalkan digelar tanggal 2 atau 3 Desember 2020 mendatang," pungkasnya.

3. Disiarkan secara live

Inilah 5 Panelis yang Dihadirkan di Debat Gibran-Teguh vs BajoJadwal debat putaran I Pilwalkot Solo. Instargam/@kpusurakarta

Debat yang akan digelar pada pukul 19.00 WIB- 20.00 WIB di The Sunan Hotel, akan disiarkan secara live streaming di media sosial (medsos) Facebook dan Instagram @kpusurakarta , dan juga stasiun televisi nasional MetroTV.

Ruangan yang akan digunakan sebagai tempat debat terbuka dibatasi maksimal berisi 50 orang, guna mencegah kerumunan dan penyebaran COVID-19.

Perlu diketahui, debat terbuka Pilwalkot Solo sangat menarik perhatian publik, lantaran salah satu kandidat yakni Gibran Rakabuming Raka merupakan putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Untuk itu, banyak televisi swasta nasional yang ingin menayangkan debat Pilwalkot tersebut.

Baca Juga: Pilkada Solo, Bawaslu Temukan 284 Pelanggaran APK Gibran dan Bagyo

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya