TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Kisah Penerima Beasiswa Grabscholar, dari Siswa SLB hingga Atlet Perempuan

Grab berikan 1.158 beasiswa ke pelajar SD sampai mahasiswa

Fitriath Oktavianne Kalerasikah, putri Mitra Pengemudi GrabBike di Surabaya menjadi penerima beasiswa dana bantuan pendidikan dari GrabScholar 2023. Fitriath adalah atlet karate dan baseball. (dok. Grab)

Semarang, IDN Times - Grab Indonesia bersama BenihBaik.com kembali memberikan beasiswa kepada siswa mulai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi (S1/D4). Tahun ini sebanyak 1.158 pelajar lolos seleksi sebagai penerima beasiswa dari 23.133 pendaftar dari 138 kota/kabupaten. 

Baca Juga: Cerita Mitra Grab Dapat Beasiswa hingga Mobil, Kaget Banget! 

1. Siswa SLB bisa mengenyam pendidikan layak

Penerima dana bantuan pendidikan dari GrabScholar 2023, Marvellino Johnwan Akmal Ismail (tengah) yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) Santi Rama Jakarta bersama orang tuanya. (dok. Grab)

Jumlah pendaftar yang ingin mendapatkan beasiswa tahun ini naik signifikan dibanding dengan tahun sebelumnya. Mereka telah melalui proses seleksi ketat hingga akhirnya terpilih dan dinyatakan berhak untuk mendapatkan bantuan dana pendidikan.

Salah satu penerima beasiswa adalah Marvellino Johnwan Akmal Ismail. Remaja yang bersekolah di Sekolah Luar Biasa (SLB) Santi Rama ini memiliki keterbatasan sebagai penyandang difabel. Kendati demikian, Johnwan selalu menunjukkan semangat pantang menyerah.

Setiap harinya, ia harus menempuh perjalanan dari rumahnya di Jakarta Utara untuk dapat belajar di sekolahnya yang berlokasi di Jakarta Selatan. Meski jauh, tak pernah ia menunjukkan rasa lelah dan tetap antusias mengikuti kegiatan di kelas. Semangat pantang menyerah dan kegigihan ini yang menjadikan Johnwan sebagai sosok yang tepat untuk menjadi ketua di kelasnya. Tentunya hal ini tidak terlepas dari dukungan penuh dari keluarga. Maka itu, Grab memberikan beasiswa kepada Johwan.

2. Beasiswa untuk anak mitra pengemudi GrabCar

Penerima beasiswa jenjang universitas dari GrabScholar 2023, David Neilleen Irvinne asal Pekanbaru yang saat ini tengah menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Komputer. (dok. Grab)

Kemudian, penerima lain GrabScholar 2023 dari jenjang universitas, yaitu David Neilleen Irvinne asal Pekanbaru yang saat ini tengah menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada jurusan Ilmu Komputer.

David merupakan anak pertama dari seorang ibu tunggal yang berprofesi sebagai Mitra Pengemudi GrabCar di Medan. Alasan David belajar di jurusan Ilmu Komputer karena ia tertarik pada bidang pengembangan teknologi komputer khususnya game development dan competitive programming sejak di bangku sekolah.

Berbekal laptop yang telah setia menemani sepanjang bangku sekolah, David merantau dan bertekad untuk bisa lulus kuliah tepat waktu agar kemudian dapat bekerja di perusahaan teknologi, semua demi membahagiakan ibunya. Sebelumnya, ia telah mengantongi segudang prestasi, termasuk jadi pemenang Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi Riau pada tahun 2022 dan bahkan membuat beberapa game sendiri.

3. Grabscholar memasuki tahun ketiga

Mochammad Fadlil Abrori Salim, penerima dana bantuan pendidikan dari GrabScholar 2023 dari Malang, bersama keluarganya. (dok. Grab)

Penerima beasiswa selanjutnya adalah Fitriath Oktavianne Kalerasikah. Siswi yang sedang duduk di bangku SMA ini merupakan putri dari Mitra Pengemudi GrabBike di Surabaya. Fitri menerima beasiswa karena tidak hanya berprestasi di bidang akademis, tapi juga aktif sebagai atlet di bidang bela diri karate dan olahraga baseball.

Fitri sering memenangkan berbagai kejuaraan termasuk Kejurda Baseball Putri Jawa Timur 2023 dan Kejuaraan Karate Jawa Timur Piala Pangdam V/Brawijaya 2023. Tak heran jika koleksi piala dan medali Fitri menghiasi dinding rumah orang tuanya.

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, memasuki tahun ketiga, misi utama GrabScholar atau Program Beasiswa Grab masih sama, yaitu memberikan akses pendidikan yang lebih merata, khususnya bagi mereka yang memiliki keterbatasan ekonomi.

Baca Juga: Cerita UMKM OVO dan Grab, Omzet Meroket Setelah Jualan Lewat Online

Berita Terkini Lainnya