TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Soal Isu Penghapusan Pelanggan Listrik 450 VA, Ini Jawaban PLN

Belum ada agenda pengalihan daya listrik

Ilustrasi Pelanggan PLN (Dok. PLN)

Semarang, IDN Times - Pasca kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) beredar isu penghapusan golongan pelanggan dengan daya listrik 450 VA. Menanggapi kabar tersebut, PT PLN (Persero) memastikan bahwa itu tidak benar. 

Baca Juga: Hyundai Ioniq 5, Mobil Listrik Kendaraan Dinas Pemprov Jateng

1. Daya listrik 450 VA tidak dinaikkan jadi 900 VA

Petugas PLN siaga menjaga keandalan jaringan listrik (dok. PLN)

Direktur Utama PLN,  Darmawan Prasodjo mengatakan, tidak ada penghapusan golongan pelanggan dengan daya 450 VA. Daya listrik 450 VA juga tidak akan dinaikkan menjadi 900 VA dan tidak ada perubahan tarif listrik.

“Keputusan Pemerintah sudah sangat jelas. Tidak ada perubahan daya dari 450 VA ke 900 VA dan PLN siap menjalankan keputusan tersebut,” ungkapnya dalam keterangan resmi kepada IDN Times, Senin (19/9/2022). 

2. Belum ada diskusi soal perubahan daya listrik

Ilustrasi. Petugas mengecek meteran listrik. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Selama ini, lanjut dia, PLN sebagai pelaksana mandat ketenagalistrikan pemerintah tidak pernah membicarakan atau mendiskusikan mengenai perubahan daya listrik masyarakat.

Dalam Rapat Panitia Kerja (Panja) antara Badan Anggaran DPR dan Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan pada Senin (12/9/2022). tidak ada pembahasan formal apa pun atau agenda tentang pengalihan daya listrik 450 VA ke 900 VA. 

Baca Juga: Pasokan Listrik Idul Adha di Jateng Aman, PLN Siagakan 3.716 Personel

Berita Terkini Lainnya