TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sosok Lintarti Cawabup Banyumas Pasangan Sadewo di Pilkada 2024

Ingin puskesmas ada di tiap desa

Lintarti (kedua dari kanan) sosok wanita sukses dalam pemerintahan yang dipasang dengan sadewo tri lastiono dalam pilkada serentak 2024. (IDN Times/Foto : Dok. Lintarti)

Banyumas, IDN Times - memiliki peran yang sangat penting dalam politik daerah, khususnya dalam konteks pemilihan kepala daerah seperti dalam pilkada serentak 2024 di Banyumas khususnya. Cawabup sering dipilih untuk melengkapi keahlian, pengalaman, atau jaringan politik calon bupati.

Cawabup sering kali diambil dari kalangan atau kelompok politik yang berbeda untuk memperluas dukungan pemilih sehingga calon bupati dapat merangkul berbagai kelompok masyarakat dan memperkuat basis dukungan politik.

Dwi Asih Lintarti merupakan satu diantara politikus perempuan di Banyumas yang disandingkan cabup Sadewo Tri Lastiono dalam pilkada 2024 yang memiliki latar belakang kuat dalam bidang pemerintahan dan politik.

Baca Juga: Dapat Rekomendasi PDIP Maju Cabup Banyumas, Sadewo Ngaku Siap

1. Dua kali jadi kades, tiga kali jadi anggota DPRD

Lintarti saat berfoto bersama dengan imam santoso, sang suami yang setia mensupport dari balik layar. (IDN Times/Dok. Lintarti)

Kepada IDN Times, Kamis (19/9/2024) Lintarti mengatakan sebelum sampai di legislatif, dirinya mengawali kiprah politik di desanya yakni menjadi kepala desa Kedungbanteng pada tahun 2007. Diusianya 43 tahun saat itu, dia sudah menjabat dua kali sebagai kepala desa. Bahkan saat Pemilu 2014, perempuan yang merupakan kader PKB ini ikut kompetisi di pencalonan anggota legislatif.

"Saya dulu dari Kades mas, bahkan dua Pilkades saya terpilih sebelum akhirnya masuk legislatif, sekarang menurun ke anak-anak perempuan saya yang juga jadi kades di Kedungbanteng juga, " katanya.

Diketahui, Lintarti mendapatkan kepercayaan dari masyarakat di wilayah Kedungbanteng, Karanglewas, Cilongok, dan Purwojati yang pada tahun 2014 dia berhasil susuk di kursi DPRD Kabupaten Banyumas, kepercayaan tersebut bahkan hingga tiga periode.

2. Didukung 11 partai besar

Lintarti bersama cabup sadewo saat pertama kali mendaftarkan pencalonan pilkada 2024.(IIDN Times/Cokie Sutrisno)

Setelah tiga periode menjadi anggota DPRD banyumas, dalam menghadapi pilkada tahun 2024 ini, ibu empat anak ini mendapat rekomendasi dari partainya untuk menjadi calon Wakil Bupati Banyumas. Dia berpasangan dengan Sadewo Tri Lastiono, dari partai PDI Perjuangan.

Pasangan Santri sebutan Sadewo Lintarti ini, didukung oleh 11 partai politik yang ada di Banyumas. Dia menjadi satu-satunya pasangan calon yang lolos mendaftarkan diri di KPU Banyumas. Sehingga menjadi satu-satunya pasangan calon pada Pilkada November mendatang.

"Alhamdulillah, dalam Pilkada November nanti, saya menjadi calon wakil bupati mendampingi Pak Sadewo Tri Lastiono. Ini merupakan panggilan untuk mendarma baktikan hidup saya bagi kemajuan dan kesejahteraan Banyumas," kata perempuan kelahiran 13 Juli 1964.

Berita Terkini Lainnya