Kukuh Haryanto Pengamen Terminal Diprediksi Lolos DPRD Wonogiri

Kukuh selama kampanye mengandalkan live TikTok

Wonogiri, IDN Times - Kontestasi Pemilu 2024 benar-benar merubah peta kekuatan partai politik masing-masing daerah. Di Kabupaten Wonogiri misalnya Partai Demokrat rupanya mampu menembus basis massa PDIP. 

Keberhasilan partai besutan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) ini tak lepas dari peran para kader di Kota Gaplek. Termasuk merekrut seorang pengamen bernama Kukuh Haryanto yang dijadikan sebagai caleg DPRD Wonogiri. 

Hal tersebut diakui Ketua DPD Partai Demokrat Jateng, Rinto Subekti. Rinto berkata keputusan partainya merekrut Kukuh bisa mengerek perolehan popularitas partainya di Wonogiri. 

"Dengan munculnya fenomena Mas Kukuh jadi cerminan baru pelaksanaan Pileg di Indonesia. Artinya tidak selamanya kekuatan duit bisa menjadikan tolak ukur keberhasilan menjadi caleg. Tapi bisa juga dipengaruhi branding dan kekuatan figur dengan kreativitas di media sosial. Terus terang pas Mas Kukuh viral, saya kaget. Kita sangat terbantu dengan suara dia," kata Rinto saat dikontak IDN Times.

Baca Juga: Pedagang di Wonogiri Ngaku Dukung Ganjar: Dikasih Berapa pun Tetap 3

1. Kukuh Haryanto pilih live TikTok

Kukuh Haryanto Pengamen Terminal Diprediksi Lolos DPRD WonogiriKukuh Haryanto saat live TikTok sambil nyanyi lagu Demokrat. (IDN Times/screenshot instagram Agus Harimurti Yudhoyono)

Rinto juga bilang kader partainya secara kebetulan bertemu Kukuh saat pria berambut gimbal itu sedang ngamen di Terminal Wonogiri. 

Saat itu Kukuh sempat diajak ngobrol dengan Ketua DPC Demokrat Wonogiri Wawan Hariyono terutama ketertarikannya menjadi seorang caleg.

"Dengan Mas Kukuh kami ketemunya pas di terminal. Awalnya kami rayu-rayu dan dia mau. Terus dia punya ide untuk live TikTok. Kemudian akhirnya dia coba-coba. Akun TikToknya milik istrinya. Makanya ini sangat alamiah sekali. Saya sendiri gak nyangka. Soalnya waktu itu kami memang kesulitan nyari caleg. Eh ternyata ketemunya sama pengamen terminal," akunya. 

2. Kukuh dan kader Demokrat sering anjangsana ke warga

Kukuh Haryanto Pengamen Terminal Diprediksi Lolos DPRD WonogiriIlustrasi petugas KPPS pada Pemilu 2024. (IDN Times/Daruwaskita)

Untuk lolos di Dapil 1, kader partainya bersama Kukuh rutin bersilaturahmi ke warga. Visi misi partainya kerap disosialisasikan sampai ke desa-desa. Namun fakta di lapangan justru menunjukkan bahwa munculnya Kukuh sebagai caleg dari kalangan pengamen jadi magnet tersendiri bagi masyarakat Wonogiri. 

"Munculnya kukuh jadi magnet sendiri. Ini fenomena tambahan branding bagi Demokrat. Makanya pas dia ditetapkan jadi caleg Demokrat, kami siapkan sedemikian rupa saksi-saksi TPS," tuturnya. 

3. Kukuh Haryanto berpeluang besar jadi anggota DPRD Wonogiri

Kukuh Haryanto Pengamen Terminal Diprediksi Lolos DPRD WonogiriContoh surat suara Pemilu 2024. (IDN Times/Muhammad Nasir)

Partainya saat ini sedang berusaha maksimal untuk menjaga perolehan suara milik Kukuh. Sebab, berdasarkan hasil hitung cepat dari internal dan quick count, Kukuh kemungkinan besar lolos ke DPRD Wonogiri mewakili Dapil 1.

Diakuinya bahwa raihan suara Kukuh yang besar di Dapil 1 diluar dugaan partainya. Sebab Wonogiri dikenal sebagai basis kandang banteng dengan massa PDIP yang solid. 


"Khusus untuk Mas Kukuh kami berdoa bersama-sama menjaga suaranya. Kalau dari perhitungan terakhirnya dia pasti lolos di kursi kesebelas untuk Dapil 1 Wonogiri. Tentu Wonogiri yang dikenal sebagai kandangnya banteng tidak mudah dapatkan kursi di sana. Lagian medannya di sana sangat berat. Kami bisa dapat kursi di Dapil 4 dan Dapil 5 saja sudah sangat bersyukur. Apalagi ini ditambah lolosnya Mas Kukuh di Dapil 1," terangnya. 

4. Demokrat Wonogiri bidik 3-5 kursi

Kukuh Haryanto Pengamen Terminal Diprediksi Lolos DPRD Wonogirihttps://pixabay.com/id/users/mohamed_hassan-5229782/

Sedangkan, menurut Wawan Hariyono, Ketua DPC Demokrat Wonogiri, keberhasilan Kukuh yang kemungkinan besar lolos DPRD dari Dapil 1 sudah sesuai target awal partainya. 

uDengan mempelajari peta wilayah, kekuatan kompetitornya di Wonogiri, partainya secara realistis membidik raihan tiga sampai lima kursi DPRD Wonogiri. Targetnya tidak muluk-muluk karena PDIP punya massa yang kuat. 


"Dari DPC targetnya 3-5 kursi. Tapi realitasnya tiga. Allhamdulilah Pemilu tahun ini dari real count DPR RI kita dapat Mas Rinto. Hasil DPRD juga dapat. Kalau memang Mas Kukuh dapat lolos jadinya kita sudah seusai target," bebernya kepada IDN Times. 

5. Demokrat Wonogiri berhasil come back

Kukuh Haryanto Pengamen Terminal Diprediksi Lolos DPRD WonogiriKetua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (IDN Times/Rizal Adhi Pratama))

Selama kampanye Pileg, partainya tidak menargetkan mengalahkan PDIP. Dan bukan juga dengan cara melawan PDIP. Tetapi cari ceruk suara dengan menawarkan gagasan baru.

"Soalnya kami merasa PDIP Wonogiri masih banyak suaranya. Tapi kita bisa posisikan diri untuk ambil kursi itu untuk Demokrat. Ya kita realistis. Kalau tahun 2019 kemarin kursi Demokrat Wonogiri di DPRD dan DPR RI kosong, maka tahun ini bisa terisi tiga kursi. Kita sudah memetakan betul dengan lihat kekuatan PDIP," pungkasnya. 

Baca Juga: Pakar Politik Perkirakan Mantan Aspri Prabowo Bisa Nyalon Pilgub Jateng

Topik:

  • Bandot Arywono

Berita Terkini Lainnya