TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Daerah Disapu Puting Beliung, 3.000 Rumah Mengalami Kerusakan

Paling parah di Wonosobo dan Magelang

ANTARA FOTO/Arif Firmansyah

Semarang, IDN Times - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah menyatakan terdapat 3.000 lebih rumah warga yang mengalami kerusakan akibat dihantam angin puting beliung selama sepekan terakhir.

Data yang terhimpun dari Pusdalop BPBD Jateng sejak Minggu kemarin hingga hari ini, Kamis (24/10), angin puting beliung telah menerjang 10 kabupaten/kota.

Baca Juga: Catat! Ini yang Perlu Kamu Lakukan saat Terjadi Angin Puting Beliung

1. Daerah yang diterjang puting beliung dari Brebes sampai Wonogiri

ANTARA FOTO/M N Kanwa

Kepala BPBD Jateng, Sudaryanto mengungkapkan kesepuluh wilayah yang terdampak puting beliung antara lain, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Brebes, Kabupaten Magelang, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Tegal, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Pati, Kabupaten Batang, Kabupaten Karanganyar dan Wonogiri.

"Dari sepuluh daerah yang terkena bencana angin puting beliung, total kerusakan bangunannya mencapai lebih dari 3.000 unit. Itu rinciannya yang rusak berat ada 258 rumah, yang mengalami kerusakan sedang ada 839 rumah, lalu ada 2.987 rumah yang rusak ringan," terangnya, saat dikontak IDN Times, Kamis (24/10).

2. Terdapat 3.052 warga yang terpaksa mengungsi

IDN Times/Galih Persiana

Tak cuma itu, masih ada sembilan sekolah dan 19 tempat ibadah yang mengalami kerusakan ringan.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan bahwa saat ini terdapat 3.052 warga atau sebanyak 861 KK yang terpaksa mengungsi akibat kejadian tersebut. "Tapi untuk sekarang jumlah pengungsi mulai berkurang, tinggal 261 KK. Sebagian sudah pulang ke rumah masing-masing," paparnya.

Baca Juga: Mendadak Mendung dan Dingin? Waspada Angin Puting Beliung

Berita Terkini Lainnya