TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

4,1 Juta Pemudik Bakal Masuk Jawa Tengah, Jalan Tol Tetap Jadi Favorit

Tetap utamakan keselamatan ya

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Lutfhi saat koordinasi dengan jajarannya. (Dok Humas Polda Jateng)

Semarang, IDN Times - Kepolisian Daerah Jawa Tengah menyatakan sekitar 4.170.000 pemudik akan memasuki Jawa Tengah selama momentum arus mudik Lebaran 1444 Hijriah. Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol Ahmad Luthfi mengungkapkan, seluruh potensi tindak kejahatan saat ini telah diantisipasi termasuk memperketat penjagaan di lokasi keramaian umum. 

Baca Juga: Syarat Daftar Mudik Gratis ke Jateng Gunakan Kapal! 

1. Polisi akan jaga pegadaian dan bank

Ilustrasi pelayanan nasabah PT Pegadaian. (dok. Pegadaian)

Para personelnya dalam waktu dekat akan dikerahkan untuk mengawasi tempat-tempat yang dianggap rawan kejahatan.

"Tim diturunkan di setiap titik krusial untuk pelototin kasus kejahatan. Mulai menjaga lokasi pegadaian dan perbankan," ujar Luthfi, Selasa (28/3/2023). 

2. Ada 247 pos penjagaan selama mudik 2023

Ilustrasi Pospam pelabuhan Penajam PPU (IDN Times/Ervan)

Ia memperkirakan dengan energi masyarakat yang besar pasca PPKM dicabut, maka pergerakan pemudik yang masuk ke Jawa Tengah akan semakin tinggi. Diprediksi ada 1.135.000 unit kendaraan yang akan masuk selama arus mudik. 

"Karena tidak ada COVID-19 dan PPKM juga dihilangkan. Jadinya masyarakat tahun ini lebih memilih pulang kampung ke sejumlah daerah di Jateng. Untuk saat ini kita akan siapkan 247 pos pengamanan, pos pelayanan, dan pos terpadu," jelasnya.

3. Akan ada one way di ruas tol

Kebijakan one way di Tol Japek resmi ditutup Jumat (29/4/2022) pagi. (dok. IDN Times/Istimewa)

Ia berkata pengamanan pemudik akan diperketat di sepanjang Pantura, jalur tengah, ruas jalan tol dan sepanjang jalan Deandels yang ada di Kabupaten Purworejo, Banyumas dan Cilacap. 

Untuk wilayah Jawa sentralnya ada di Kalikangkung. Nantinya ada sistem one way, contraflow dan sebagainya. 

4. MTI sebut jalur tol tetap jadi primadona saat arus mudik

Antrean kendaraan pemudik dari arah Jakarta akan memasuki Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Rabu (27/4/2022). (Antara/Aji Styawan)

Terpisah, Djoko Setijowarno, Wakil Ketua Bidang Penguatan dan Pengembangan Kewilayahan Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) menyebutkan penggunaan Tol Trans Jawa masih menjadi pilihan utama selama mudik Lebaran. 

"Alasan kelancaran, kenyamanan, keamanan, dan keselamatan menjadi pertimbangan masyarakat menggunakan jalan tol," ungkapnya kepada IDN Times terpisah.

Baca Juga: Pemudik Lebaran Bakal Melonjak 13 Persen, Ini Titik Kemacetan di Pantura Jateng

Berita Terkini Lainnya