TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gunung Merapi Siaga, 1.047 Warga di Jawa Tengah Diungsikan ke 10 Titik

Warga yang mengungsi dari kelompok rentan

Ilustrasi Merapi. IDN Times/Arief Rahmat

Semarang, IDN Times - Sebanyak 1.047 warga dari tiga daerah di Jawa Tengah saat ini sudah mengungsi ke sejumlah titik menyusul naiknya aktivitas vulkanik Gunung Merapi yang berstatus Siaga atau level II.

Baca Juga: Sapi yang Dievakuasi di Lereng Merapi Dapat Terapi dari Dokter Hewan

1. Ada 10 titik pengungsian Gunung Merapi di Jawa Tengah

Ilustrasi Penampungan Pengungsi (IDN Times/Mardya Shakti)

Pelaksana Tugas Kepala BPBD Jateng, Syafrudin mengatakan warga yang telah mengungsi berasal dari tiga desa di Kabupaten Magelang, tiga desa Kabupaten Klaten dan tiga Kabupaten Boyolali.

"Warga sekitar lereng Merapi sekarang sudah mengungsi secara bertahap. Titik pengungsiannya ada di sepuluh titik. Warga yang diungsikan sementara ini dari kelompok rentan," kata Syafrudin, Selasa (10/11/2020).

2. Lokasi pengungsian tersebar di gedung Ansor, NU, dan sekolah

Ilustrasi Pengungsi (IDN Times/Mardya Shakti)

Pihaknya menerangkan lokasi pengungsian tersebar di gedung-gedung sekolahan, markas Nahdlatul Ulama (NU), markas Ansor, kantor cabang Muhammadiyah, serta sejumlah balai desa setempat.

Para pengungsi, tersebut diantaranya berasal dari Desa Balerante dan Desa Tegalmulyo Kabupaten Klaten dan Desa Tlogolele Kabupaten Boyolali.

"Jumlah pengungsi saat ini terus bertambah. Totalnya ada 1.047 orang yang berasal dari empat desa di Magelang, tiga desa di Klaten dan tiga desa di Boyolali," ungkapnya.

Baca Juga: Miskin Gas, Jadi Sebab Magma Gunung Merapi Tak Kunjung ke Permukaan

Berita Terkini Lainnya