TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Hari Wayang, Beskap Dalang Ki Manteb Jadi Koleksi Museum Ronggowarsito

Sarat nilai sejarah yang tinggi

IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Semarang, IDN Times - Perayaan Hari Wayang di Kota Semarang pada 2019, terasa istimewa. Betapa tidak, dalang kondang Ki Manteb Sudarsono memberikan kado istimewa kepada pengelola Museum Ronggowarsito. 

Tepat pada Rabu malam atau sehari menjelang Hari Wayang Nasional, Ki Manteb menyerahkan seperangkat pakaian beskap Jawa lengkap dengan blangkon kepada perwakilan pejabat Disbudpar Kota Semarang. Penyerahan itu juga disaksikan ratusan orang yang menyaksikan pagelaran budaya di RRI Semarang. 

Prosesi penyerahan tersebut sebagai simbolis atas niatan dalang wayang kulit legendaris tersebut yang ingin menyimpan beskap kesayangannya ke Museum Ronggowarsito. 

"Dan beskap milik Ki Manteb itu dipastikan jadi koleksi terbaru yang tersimpan di Museum Ronggowarsito. Nanti tanggal 28 November Pak Kepala Disbudpar akan menggelar acara wayangan sekaligus penyerahan beskapnya Ki Manteb ke museum," kata Laila Nurhayati Dewi, Kasi Pengkajian dan Pelestarian, Museum Ronggowarsito saat berbincang dengan IDN Times, Kamis (7/11). 

Baca Juga: Serunya Nonton Bocah di Konser Karawitan Anak Indonesia 2019 

1. Beskap Ki Manteb yang disimpan di Ronggowarsito lengkap dengan jarit epek timang

Liburan Jogja

Pihaknya menyatakan, beskap milik Ki Manteb yang disimpan di Museum Ronggowarsito berwarna hitam legam berlengan panjang. Selain itu, ada pula sebuah blangkon, stagen dan jarit epek timang yang sarat nilai historis yang tinggi. 

2. Pernah dipakai Ki Manteb saat menghadiri acara penetapan Wayang sebagai warisan dunia

youtube.com/SINEBEN

Menurutnya beskap tersebut terakhir kali dipakai oleh sang dalang saat berbicara di depan UNESCO saat Wayang ditetapkan menjadi Warisan Dunia Tak Benda pada 2013 silam. 

Baginya, ini jadi kebanggaan tersendiri bagi pengelola museum karena mendapat amanat untuk melestarikan pakaian adat yang dikenakan Ki Manteb. 

"Makanya ini jadi kebanggaan buat kita. Biar bagaimanapun Ki Manteb ternyata mempercayakan kepada kami untuk menyimpan beskapnya," akunya. 

Baca Juga: Blangkon hingga Beskap, Cara Pegawai Pemkot Surabaya Peringati Hari Pahlawan

3. Ki Manteb ingin beskapnya jadi kenang-kenangan bagi anak cucunya

fsp.isi-ska.ac.id

Lebih jauh, ia menuturkan, Ki Manteb mengakui bahwa niatnya menyimpan beskap ke Museum Ronggowarsito semata agar bisa dijadikan kenang-kenangan bagi anak cucunya kelak. 

Beliau bilang sendiri kalau beskapnya biar disimpan di museum supaya anak cucunya bisa lihat baju kebanggaan eyangnya," terangnya.

Baca Juga: Ragam Budaya Indonesia! 10 Foto Meriah Sedekah Laut di Cilacap, Jateng

Berita Terkini Lainnya