TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Merdeka Belajar, Mahasiswa USM Ciptakan Aplikasi Jimat Ngaliyan

Jimat jadi panduan informasi

Semarang, IDN Times - Sebuah sistem aplikasi berhasil diciptakan oleh para mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi dan Komunikasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) yang menggelar rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Kecamatan Ngaliyan. 

Layanan aplikasi yang dirancang oleh mahasiswa USM tersebut dinamai Jaringan Informasi Kecamatan Ngaliyan alias Jimat Ngaliyan.

 

Baca Juga: Begini Cara Mahasiswa Psikologi Tunjukan Merdeka Belajar ala Mendikbud

1. Jimat jadi buku panduan informasi bagi warga Ngaliyan

Supervisi Kecamatan Ngaliyan, Sukimin, berkata jika sistem aplikasi tersebut berhasil dirancang oleh kelompok mahasiswa FTIK USM selama KKN di sejumlah kelurahan di Ngaliyan.

"Jimat Ngaliyan atau jaringan informasi Kecamatan Ngaliyan ini jadi salah satu produk yang dihasilkan oleh mereka. Itu menjadi sebuah buku media yang memuat segala bentuk informasi yang ada di wilayah tersebut," kata Sukimin, Jumat (7/2).

2. Mahasiswa FTIK juga merancang Bandit Kacang. Ini salah satu alat untuk mengangkat kearifan lokal

Youtube//Kok bisa

Sukimin menjelaskan setidaknya ada tiga program utama dari USM yang bisa dijalankan di kecamatannya. 

Satu karya lagi yaitu berupa buku Strory Book Of Ngaliyan atau Sistem Informasi Kecamatan Ngaliyan (SI Bandit Kacang) yang merupakan tindaklanjut aplikasi Ngaliyan hebat yang berisi tentang potensi wisata, kampung tematik dan kuliner yang muncul di sana.

Sukimin menyatakan dari koordinasi yang dilakukan kedua belah pihak diketahui bahwa kegiatan KKN di Ngaliyan dimanfaatkan untuk mengenalkan potensi kearifan lokal setempat sekaligus menjalankan program Merdeka Belajar yang digaungkan oleh Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim.

"Bagi saya, mereka ternyata bisa membuktikan kalau kegiatan KKN di tempat kami bisa jadi salah satu contoh Merdeka Belajar yang dicanangkan oleh pemerintah," kata Sukimin.

Baca Juga: Mendikbud Resmi Luncurkan 4 Kebijakan Kampus Merdeka, Ini Detailnya

Berita Terkini Lainnya