TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Resah Tawon Vespa di Jateng, Ganjar Ajak Ahli Serangga Usir Tawon Ndas

Undip sudah bersedia

Petugas pemadam kebakaran setempat, Minggu (24/11) siang memusnahkan sarang tawon endhas. IDN Times/Haikal Adithya

Semarang, IDN Times - Merebaknya serangan tawon ndas di sejumlah kabupaten/kota membuat Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo ikut turun tangan. 

 

Baca Juga: Populasi Tawon Ndas Meningkat, BPBD Musnahkan 2 Sarang Vespa Affinis

1. Pemusnahan tawon ndas butuh tenaga ekstra

dailycampus.com

Ganjar mengatakan, memusnahkan tawon ndas alias tawon Vespa Affinis memang butuh kerja keras dari sejumlah petugas dinas terkait agar kawanan hewan tersebut tak lagi membahayakan nyawa manusia.

"Kita sudah mendapat laporan dari beberapa dinas bahwa keberadaan tawon ndas ini sudah menimbulkan korban di daerah-daerah seperti Klaten dan Pemalang. Kejadian ini harus diwaspadai karena koloninya berada dekat dengan pemukiman manusia," katanya, Senin (2/12).

Baca Juga: Diserang Tawon Vespa, Satu Warga Semarang Tewas, Belasan Luka-luka

2. Ganjar: Kita usir tawon ndas tanpa merusak sarangnya

www.natureloveyou.sg

Ia mengimbau kepada para petugas Damkar yang mendapat laporan terkait pemusnahan tawon ndas, supaya tidak merusak sarangnya.

Pihaknya menawarkan kepada para akademisi khususnya yang punya basic penelitian hewan serangga supaya ikut bergerak untuk memberantas kawanan tawon ndas.


"Ini kita minta agar kampus-kampus yang punya keahlian di bidang serangga, agar aktif bersama kami untuk berupaya memusnahkan tawon ndas di pemukiman warga. Kalau bisa sarangnya jangan sampai rusak. Tapi kita usir hewan tersebut biar jauh dari warga," terangnya.

Baca Juga: Sidang Gugatan Molor, Suteki Sebut Rektor Undip Sengaja Ulur Waktu

Berita Terkini Lainnya