TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sebelum Diumumkan Jadi Capres, Ganjar Rombak Pejabat Pemprov Jateng

Ganjar kini ditetapkan sebagai capres dari PDIP

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat memberikan keterangan soal perombakan pejabat struktural di lingkungan Pemprov Jateng. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Semarang, IDN Times - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo secara resmi diusung oleh PDIP sebagai calon presiden untuk kontestasi Pemilu 2024. Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri mengumumkan langsung sosok Ganjar sebagai capres di Batu Tulis Bogor, Jumat (21/4/2023). 

Sebelum dilantik sebagai capres, Ganjar rupanya sempat melantik sejumlah pejabat struktural di lingkungan Pemprov Jateng. Ada pejabat yang dirombak. Beberapa di antaranya, merupakan wajah lama yang telah malang melintang mendampingi Ganjar sejak zaman pertama.

Pelantikan dilaksanakan usai shalat Isya dan tarawih jamaah yang diimami Wakil Gubernur Jateng Taj Yasin Maimoen di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Selasa (18/4/2023) malam. 

Baca Juga: Megawati Usung Ganjar Jadi Capres Usai Dialog dengan Jokowi dan Puan

1. Ganjar Pranowo ngaku harus ada regenerasi

Wisnu Zaroh, Ema Rachmawati, Sujarwanto Dwiatmoko dan Arief Sambodo saat dilantik oleh Ganjar Pranowo dengan posisi jabatan yang baru. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Selain pejabat fungsional, Ganjar juga melantik satu pejabat fungsional. “Kami lakukan penyegaran terus, kemudian memang beberapa sudah pensiun jadi harus diisi. Nanti kami akan siapkan yang tahap kedua agar ada regenerasi yang di bawah bisa naik,” kata Ganjar.

2. Ganjar perintahkan birokrasi jadi inovator dan fasilitator

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Wagub Taj Yasin Maimoen terlihat tersenyum saat dihampiri para pejabat yang dapat posisi baru jelang Lebaran. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Ganjar mengatakan, pelantikan ini juga sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang berprestasi. Serta memberikan ruang kompetisi yang sehat dalam konteks postingan.

Musababnya, tantangan global berubah dengan cepat. Sehingga Ganjar menghindari birokrasi tak hanya mampu menjadi jangkar dan perantara, namun juga inovator dan fasilitator.

“PR-nya banyak sekali, agar beberapa pekerjaan besar bisa kami selesaikan. Tantangan globalnya berubah, dunia bikin multipolar nggak bisa gitu-gitu saja, teknologi informasi dunia digital sekarang wajib diketahui dan dipahami, maka perlu upgrade skill dari seluruh ASN-nya,” ucapnya.

3. Ganjar: Saya dan Pak Wagub sampai September

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat berbincang dengan perwakilan kades, camat dan Wabup Wonogiri usai rakor di Desa Ngadirojo. (IDN Times/Dok Humas Pemprov Jateng)

Ganjar berharap dengan penyegaran mampu memunculkan inovasi baru. Artinya nanti bisa mengejar ketertinggalan pada sisa masa jabatan Ganjar-Yasin, September mendatang.

“Saya dengan Pak Wagub Gus Yasin tinggal sampai September kita akan lari kencang. Kemiskinan ekstrem-lah, stunting-lah, yang sudah kami kejar infrastruktur, termasuk menyiapkan SDM ke depan,” tegasnya.

Baca Juga: 2 Perintah Megawati ke Kader Usai Usung Ganjar Jadi Capres PDIP

Berita Terkini Lainnya