TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Sidak Takjil di Semarang, BPOM Temukan Mi Berformalin 

Waspadai takjil yang membahayakan kesehatanmu ya

IDN Times/Nugroho Adi Purwoko

Semarang, IDN Times -Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Semarang menggelar sidak ke beberapa pusat penjualan takjil di Kota Semarang, Jumat (10/5). Sidak dilakukan untuk memastikan takjil atau jajanan berbuka puasa itu aman, sehat dan tidak membahayakan konsumen. Kawasan Masjid Besar Kauman, Jalan Pahlawan, pasar tradisional dan pasar swalayan menjadi sasaran sidak.



Baca Juga: Sidak Pasar Takjil, BPOM Temukan Cincau Boraks di Bandung

1. Sebanyak 50 sampel takjil diuji oleh BPOM di pinggir jalan

IDN Times/Fariz Fardianto

Petugas menyisir berbagai titik penjualan takjil. Mereka menguji sampel jajanan takjil yang dijual di pusat-pusat keramaian, salah satunya penjualan takjil di Jalan Pahlawan Semarang.

"Kami menggunakan khusus untuk mengetahui kadar zat berbahaya yang terkandung dalam takjil, seperti pewarna, formalin, dan zat-zat kimia lain," kata Syafriansyah kepada IDN Times.

Baca Juga: 7 Ciri Makanan Mengandung Formalin yang Bisa Bikin Cepat Mati 

IDN Times/Fariz Fardianto

Di  Jalan Pahlawan, petugas menemukan adanya zat formalin yang mengendap pada mi basah yang dijual seorang pedagang kaki lima. Mi basah itu merupakan bahan mi yang siap dimasak menjadi menu mi goreng atau godok.

"Kami langsung menyita mi itu, mencari tahu dari mana pedagang mendapatkan mi berformalin itu. Nantinya BPOM akan mengusut pabrik yang memasok mi yang mengandung formalin tersebut," ujar Syafriansyah.

Dia meminta masyarakat untuk membeli takjil yang sehat. Sebab, pedagang kadang menipu pembeli dengan menawarkan takjil warna-warni, namun jajanan itu ternyata  mengandung zat pewarna tekstil,  dan pengawet. 

2. Ditemukan mi mengandung formalin

Baca Juga: Cegah Peredaran Makanan dan Obat Ilegal, BPOM Harus Seperti KPK

Berita Terkini Lainnya