TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

2 Hektare Kebakaran Sampah di TPA Solo, Posko Pengungsian Dibuka

Water booming dikerahkan untuk mempercepat pemadaman

Walikota Solo Gibran Rakabuming & Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana tinjau kebakaran di Putri Cempo. (IDN Times/Larasati Rey)

Surakarta, IDN Times - Sepulangnya dari kunjungan kerja di Amerika Serikat, Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka bersama Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meninjau lokasi kebakaran TPA Putri Cempo, Mojosongo, Solo.

Dalam tinjauan tersebut, keduanya sempat berkeliling di sekitar area TPA untuk melihat secara langsung dampam kebarakan yang terjadi.

Baca Juga: Banyak Tumpukan Ban Karet, TPA Pemalang Terbakar Seluas 4 Hektare

1. Ada dua hektare sampah terbakar

Pemadaman kebakaran di Putri Cempo,Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Usai peninjauan, Nana Sudjana mengatakan jika lahan yang terbakar mencapai 2 hektare (ha) dari total lahan TPA Putri Cempo seluas 17 hektare.

Ia mengatakan jika sebanyak 59 unit pemadam kebakaran telah dikerahakan untuk memadamkan api di lokasi tersebut.

"Memang kejadian ini kemarin pukul 11.30 WIB, BPBD langsung koordinasi. Alhamdulillah saat ini sudah mulai menurun karena ada sekitar 59 damkar, juga kita dibantu oleh water cannon dari Polri. Dan jumlah personel yang mengamankan cukup banyak. Sekitar 350-an gabungan dari BPBD, termasuk dari Satpol PP dari Pemkot, ada juga dari Provinsi, juga dari TNI Polri," ujarnya ditemui pada Minggu (17/9/2023).

Nana menjelaskan jika lokasi kebakaran berada di blok B TPA Putri Cempo. Ia bersyukur jika kawasan TPA Putri Cempo dibuat secara per blok sehingga dampaknya tidak terlalu besar.

"Kita bersyukur TPA Putri Cempo Mojosongo ini kita bikin per blok. Yang sekarang kebakar ini blok B. Jadi kemungkinan merembet ke blok yang lain itu tidak akan terjadi," katanya.

2. Kerahkan water booming

Kebakaran di TPA Putri Cempo. (IDN Times/Larasati Rey)

Untuk mempercepat proses pemadaman api secara menyeluruh, Nana akan berkoordinasi dengan BPBD agar segera mengirimkan water booming.

"Kepala BNPB untuk mempercepat pemadaman itu kami harapkan bantuan water bombing. Insyaallah dalam waktu dekat akan dikirim," ungkapnya.

"Water boombing untuk mempercepat pemadaman. Kita tidak mengharapkan merambat ke mana-mana sehingga kami putuskan kami perlu water bombing," imbuhnya.

Ihwal dampak yang terjadi, Nana mengaku jika fokus utama saat ini yakni untuk mempercepat pemadaman. Adapun, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sudah bekerja untuk mengurangi dampak yang terjadi bagi warga sekitar TPA.

"Memang dampak itu pasti ada. Makanya dari kami mengupayakan mempercepat pemadamannya. Ini gabungan, tidak hanya dari Solo, pemadam kebakaran ini kita datangkan dari Semarang, Klaten, termasuk Jogja untuk mempercepat pemadaman," jelasnya.

Baca Juga: Cuaca Panas dan Gas Metan Diduga Penyebab TPA Putri Cempo Kebakaran

Berita Terkini Lainnya