TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Catat! Tol Solo-Yogyakarta Dibuka untuk Mudik Lebaran 2023, Cuma 6 Km

Jadi jalur alternatif pecah kemacetan di arah Solo

Ruas pintu tol Colomadu. (IDN Times/Larasati Rey)

Surakarta, IDN Times - Sejumlah ruas jalan tol Solo--Yogyakarta akan mulai difungsikan pada H-7 hingga H+7 Lebaran 2023 mendatang. Saat ini, beberapa ruas tol tersebut masih dalam proses pengerjaan.

Baca Juga: 700 Pedagang Bakso Pilih Layanan Mudik Gratis, Pesan 14 Bus Tujuan Wonogiri

1. Ruas yang dibuka hanya 6 kilometer

Pembangunan tol Solo-Yogyakarta. (IDN Times/Larasati Rey)

Manager Humas PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM), Rachmat Jesiman Putra mengatakan, meski telah mulai difungsikan pembukaan jalan tol Solo-Yogyakarta belum sepenuhnya digunakan semuanya. Pembukaan hanya sepanjang 6 kilometer yang dimulai dari pintu tol Colomadu hingga Sawit, Boyolali.

"Untuk rencana dibuka fungsional sekitar H-7 untuk 1 arah ke arah sawit, lalu H+7 ke arah sebaliknya," katanya Senin (27/03/2023).

2. Kurangi kemacetran di perempatan Kartasura

ilustrasi macet (unsplash.com/ Nabeel Syed)

General Manager (GM) Lahan dan Utilitas PT JMM, Muhammad Amin menambahkan, untuk ruas Kartasura hingga Desa Sawit saat ini masih dalam pengerjaan. Mulai dari penimbunan tanah, material, pemadatan hingga pengecoran supaya bisa dilewati para pemudik.

Difungsikannya tol Solo-Yogyakarta tersebut sabagai salah satu jalur alternatif untuk arus mudik Lebaran 2023. Tol tersebut nantinya untuk memecah kemacetan yang terjadi di Kartasura, Sukoharjo atau pengendara yang ingin melanjutkan perjalanan ke Solo.

"Jadi nanti pengendara yang keluar exit tol Colomadu bisa langsung melawati samping overpass yang di toko besi itu. Naik terus melawati badan jalan tol dan keluar di STA Desa Sawit," terangnya.

Baca Juga: Flash Sale! KAI Obral Tiket Murah Mudik Lebaran Serba Rp100 Ribu

Berita Terkini Lainnya