TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gibran bawa Ratusan Miliar dari UEA ke Solo: Banyak yang Tidak Senang

Ajak daerah lain ikut cari dana ke luar negeri

Kunjungan Gibran ke Abu Dhabi. (Dok/Istimewa)

Surakarta, IDN Times - Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka kembali bekerja pada Senin (2/1/2023) usai lawatan ke Abu Dhabi, Uni Emirat Arab selama kurang lebih satu minggu. Putra sulung Presiden Joko "Jokowi" Widodo terrsebut dikabarkan membawa dana hibah ratusan miliar untuk Kota Solo.

Baca Juga: Gibran Bakal Ganti Nama Jalan di Depan Pura Mangkunegaran Solo

1. Banyak yang tidak suka

Wakil Walikota Solo, Teguh Prakosa. (IDN Times/Larasati Rey)

Keberhasilan Gibran mendapatkan bantuan luar negeri senilai Rp256 miliar atau US$15 juta tersebut menimbulkan pro dan kontra. Banyak yang senang dan menganggap hal tersebut sebagai keberhasilan, namun tak sedikit juga yang tidak suka.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa menganggap, sikap tersebut sebagai hal tersebut biasa. Lantaran tidak semua daerah bisa melakukan komunikasi yang baik dengan pemerintah luar negeri.

"Banyak yang nggak seneng. Yang nggak seneng kan gitu. Bisa berkomunikasi baik dengan luar negeri, terus dapat uang, itu kan biasa saja," ujar Teguh, Selasa (3/1/2023).

2. Solo mendapat banyak bantuan

Kunjungan Gibran ke Abu Dhabi. (Dok/Istimewa)

Lebih lanjut, Teguh mengatakan tidak hanya saat ini saja Kota Solo mendapatkan bantuan dari luar negeri. Saat COVID-19 merajalela beberapa waktu lalu, Kota Solo juga mendapatkan bantuan oksigen dari negara sekitar.

"Iya, ada dari Malaysia dari Singapura. Yang dari Shopee itu kan langsung dari sana, Singapura," ungkapnya.

Bantuan tersebut bahkan ada yang berupa 2 kontainer besar tabung oksigen yang juga didistribusikan untuk kabupaten sekitar Solo. Sehingga bantuan tersebut tidak hanya untuk Kota Solo namun juga untuk daerah lain di sekitarnya.

Adapun, dana sebesar tersebut diwujudkan dalam proposal untuk pembagian atau alokasinya.

"US$15 Juta itu kan diwujudkan proposal. Untuk PUPR berapa, UMKM, perdagangan berapa, pendidikan, kesehatan berapa. Terus Dinsos berapa, Perkim berapa, itu sudah diajukan dan sampai pada titik angka itu," katanya.

Baca Juga: Ke Abu Dhabi, Gibran Dapat 11 Hibah untuk Kota Solo, Ini Rinciannya

Berita Terkini Lainnya