TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Gibran, Muzani, hingga Gus Miftah Hadir di Haul Habib Solo

Jemaah antusias menyapa sambil berfoto sama Gibran

Gibran Rakabuming, Ahmad Muzani, Gus Miftah berangkat ke Haul Habib Ali Al Hapsyi dari Loji Gandrung. (Dok/Istimewa)

Surakarta, IDN Times - Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani bersama Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka menghadiri dalam Haul Habib Solo, Sabtu (4/11/2023).

Turut hadir bersama rombongan yakni Gus Miftah, Habib Ali Kwitang, Ketua DPD Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, dan Ketua DPD Gerindra Jawa Timur, Anwar Sadad, serta tokoh Golkar, Nusron Wahid.

Baca Juga: Anies dan Gus Imin ke Rumah Habib Husein, Minta Doa Pilpres 2024?

1. Gibran jadi pusat perhatian

Gibran Rakabuming Raka menghadiri acara Haul Habib Ali Al Hapsyi. (IDN Times/Larasati Rey)

Rombongan tiba di Haul Habib Solo pukul 8.30 WIB. Ribuan umat Islam dari berbagai daerah telah memadati lokasi acara. Ketika berjalan ke lokasi Haul di Masjid Riyadh, Gibran banyak mendapat ucapan selamat dan sukses hingga ajakan berfoto dari jemaah Haul.

"Mas Wali sukses, ya. Mas Gibran foto, mas," ujar warga.

Gibran pun menyapa balik sambil melayani orang-orang yang ingin berfoto.

"Nggih, Monggo. Suwun ya, terima kasih," balas Gibran sambil bersalaman.

2. Mengenang tokoh keagamaan

Acara Haul Habib Ali Al Hapsyi ke-112 Pasar Kliwon, Solo. (IDN Times/Larasati Rey)

Muzani yang mendampingi Gibran merasa senang karena bisa hadir bersama cawapres Prabowo itu saat Haul Habib di Solo. Meski begitu Muzani mengatakan, ini adalah bentuk silaturahim yang harus dilakukan oleh setiap pemimpin kepada para habaib, ulama, serta pemuka agama lainnya.

Menurutnya, para habib dan ulama adalah mata hati rakyat. Dia mengatakan, untuk bisa menangkap apa yang menjadi keinginan rakyat maka harus dekat dengan kyai, ulama, dan habaib.

"Di Indonesia, ulama, kyai, habaib, ustaz dan ustazah itu adalah mata hati rakyat. Sehari-hari rakyat selalu berkeluh kesah kepada kyainya. Meminta doa serta sowan kepada habaib atas apa yang menjadi hajatnya," jelas Muzani.

"Itu sebabnya seorang pemimpin sebaiknya selalu dekat dengan ulama. Selalu dekat-dekat dengan habaib dan kyai. Karena mereka adalah mata hati rakyat. Apalagi sampai urusan kemasyarakatan dan kenegaraan. Ketajaman para habaib dan ulama tidak pelru diragukan," tutup Wakil Ketua MPR itu.

Baca Juga: Gibran Dengarkan Ceramah Anies Baswedan Acara Haul di Solo

Berita Terkini Lainnya