TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Masih Ada 13 Macan Tutul Ditemukan di Gunung Muria

Dari kajian Yayasan Konservasi Alam Nusantara

IDN Times/Aji

Kudus, IDN Times - Macan Tutul di Gunung Muria ternyata masih terlacak keberadaannya. Dari kajian yang dilakukan oleh Yayasan Konservasi Alam Nusantara ada sebanyak 13 Individu Macan Tutul masih hidup di Gunung Muria.

 

Baca Juga: Spot Foto Kekinian, 9 Potret Keindahan Wisata Ternadi Pegunungan Muria

1. Kajian dilakukan pada Agustus-November 2018

IDN Times/Aji

Stakolder Engagement Manager pada Yayasan Konservasi Alam Nusantara Rudi Zapariza mengatakan, berdasarkan kajian yang dilakukan pada Agustus hingga November 2018 lalu. Dirinya berhasil mengindetifikasi sebanyak 13 individu Macan Tutul di Gunung Muria.

“Itu kajian dalam area studi seluasa 53,32 km persegi,” kata dia saat mengisi diskusi di rangkaian pagelaran Arsotika Muria di Desa Menawan Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus, Sabtu (14/12) malam.

2. Memasang camera trap di beberapa titik di Gunung Muria

Wikimedia.org

Menurutnya sebelumnya memasang kamera trap di beberapa titik. Dari hasil rekaman yang berhasil teridentifikasi ada sebanyak 13 Individu Macan Tutul yang berhasil terekam.

“Ukurannya dewasa. Panjangnya 1-2 meter. Rata-rata dewasa,” katanya.

Keberadaran Macan Tutul tersebut sekarang terisolasi. Sebab, kondisi lingkungan alam di Gunung Muria yang mulai berkurang. Macan tutul diperkirakan hidup dipuncak Gunung Muria. Hanya kini habitatnya kini sudah mulai berkurang.

“Ini jelas akan mengancam habitat dari Macan Tutul ini sendiri,” jelasnya.

Baca Juga: Macan Tutul Titipan BKSDA Ditemukan Mati di Kebun Binatang Solo

Berita Terkini Lainnya