32 UKM Kuliner Buka Lapak di Ventura Semarang, Ini Aturan Pengunjung

Saatnya berburu jajanan dan makanan khas Semarang

Semarang, IDN Times - Sebanyak 32 usaha kecil menengah (UKM) akan memanfaatkan momen libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) untuk membuka lapak di Ventura Taman Kuliner di Jalan Ki Mangunsarkoro 15 Semarang. Mereka mengikuti kegiatan pameran makanan dan multiproduk Foodies Culinary mulai 24 Desember 2021--2 Januari 2022.

1. Beri kesempatan UKM bangkit saat pandemik

32 UKM Kuliner Buka Lapak di Ventura Semarang, Ini Aturan PengunjungIlustrasi UMKM (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas)

Jajanan khas Kota Semarang yang akan berjualan di acara tersebut seperti Risoles Dapur Mama, Tahu Gimbal, Mie Cool, dan lainnya. Adapun, acara yang akan digelar selama 10 hari itu juga akan diramaikan oleh UKM multiproduk.

Panitia pelaksana Foodies Culinary, Garbera Putri Intani mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan untuk menyambut libur natal dan tahun baru. Selain itu, juga untuk memberikan kesempatan kepada UKM untuk memulihkan usahanya setelah terdampak pandemik. 

‘’Pada kegiatan nanti akan ada 32 pelaku usaha yang terlibat baik UKM makanan maupun produk lainnya seperti fashion. Kami juga mengajak para pelaku UKM untuk berpartisipasi di event ini dengan penawaran khusus untuk harga sewa stand mengingat masih dalam kondisi pandemik,’’ ungkapnya, Selasa (21/12/2021).

Baca Juga: Aturan Baru Natal dan Tahun Baru di Semarang, Ruang Publik Tutup Semua

2. Pengunjung wajib patuhi protokol kesehatan

32 UKM Kuliner Buka Lapak di Ventura Semarang, Ini Aturan PengunjungAplikasi PeduliLindungi. (IDN Times/Hana Adi Perdana)

Lantaran event Foodies Culinary digelar pada masa pandemik, penyelenggara juga melakukan sejumlah persiapan antara lain tempat cuci tangan, pengecekan suhu, penerapan jaga jarak untuk stan dan pengunjung.

Kemudian, pengunjung wajib melakukan pengecekan PeduliLindungi dan sudah divaksinasi COVID-19.

3. Tarik pengunjung yang ingin klangenan dengan kuliner Semarang

32 UKM Kuliner Buka Lapak di Ventura Semarang, Ini Aturan PengunjungInstagram.com/roryhastomosoedjarwo

Sementara, Marcomm Ventura Taman Kuliner, Rizky Agung mengatakan, sebagai tempat penyedia acara pihaknya tidak menargetkan jumlah pengunjung. Hanya saja tetap akan ada pembatasan jumlah pengunjung di area acara jika melebihi kapasitas.

‘’Kapasitas tempat untuk Foodies Culinary ini bisa menampung 1.500 pengunjung. Namun, kami tetap batasi hingga 50 persen yang boleh masuk di area tersebut,’’ ujarnya.

Untuk diketahui, Ventura Taman Kuliner merupakan pujasera tempat makan yang menyediakan berbagai macam kuliner khas Semarang. Ada 16 tenant makanan yang ada di lokasi tersebut. Adapun, jumlah pengunjung pada hari normal maupun akhir pekan bisa mencapai 800–1.000 orang per hari. 

‘’Kami optimistis kegiatan ini bisa menarik pengunjung yang ingin klangenan dengan kuliner Semarang saat libur natal dan tahun baru. Dalam momen ini pun kami juga menyiapkan kantong parkir yang memadai,’’ tandasnya. 

Baca Juga: Ini Lho Syarat Piknik di Obyek Wisata Semarang Saat Libur Nataru

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya