Baru 50 Keluarga di Semarang yang Dapat, Ini Cara Cek Penerima BLT BBM

Penerima bantuan ditentukan pemerintah pusat door to door

Semarang, IDN Times - Penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) bahan bakar minyak (BBM) bagi keluarga penerima manfaat (KPM) di Kota Semarang sudah dimulai sejak 1 September 2022. Dalam hampir sepekan proses penyaluran, hingga Selasa (6/9/2022), baru 50 KPM yang menerima bantuan dari Kementerian Sosial tersebut. 

1. BLT BBM disalurkan secara door to door

Baru 50 Keluarga di Semarang yang Dapat, Ini Cara Cek Penerima BLT BBMIlustrasi penyaluran bantuan pangan non-tunai di kantor pos. (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

Kepala Dinas Sosial Kota Semarang, Heroe Soekendar mengatakan, penyaluran BLT BBM sudah serentak disalurkan secara nasional per 1 September 2022. Untuk KPM di Kota Semarang juga sudah menerima.

‘’Untuk di tahap awal ini baru 50 KPM di Kelurahan Muktiharjo yang menerima BLT BBM. Penyalurannya secara door to door,’’ ungkapnya saat dikonfirmasi IDN Times, Selasa (6/9/2022).

Sasaran penerima BLT BBM ini adalah KPM yang juga terdaftar sebagai penerima bantuan pangan nontunai (BPNT) dan program keluarga harapan (PKH).

Baca Juga: BLT Minyak Goreng Mulai Cair, Warga Semarang Antre Berjam-jam

2. Penyaluran ke 50 KPM dilakukan kantor pos

Baru 50 Keluarga di Semarang yang Dapat, Ini Cara Cek Penerima BLT BBMIlustrasi petugas Kantor Pos memotret warga untuk data bukti penerima bantuan sosial tunai (ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho)

Heroe menjelaskan, memang baru 50 KPM yang menerima BLT BBM. Adapun, yang membagi adalah dari kantor pos. Terkait jumlah total penerima masih menunggu info dari pusat.

‘’Penerima manfaat ini menerima bantuan uang tunai senilai Rp 150 ribu per bulan selama empat bulan. Sedangkan, penyalurannya langsung per dua bulan. Jadi bulan September-Oktober ini mereka menerima Rp 300 ribu, nanti bulan November-Desember lagi Rp 300 ribu,’’ jelasnya.

Sementara itu, melansir laman resmi Sekretariat Kabinet, BLT BBM disalurkan kepada penerima yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS). Masyarakat yang mungkin berhak menerima BLT BBM dapat memberikan masukan melalui menu “Usul dan Sanggah” pada apliaksi Cek Bansos, dengan data yang diusulkan akan dicek dan diverifikasi.

3. Cara cek bansos BLT BBM

Baru 50 Keluarga di Semarang yang Dapat, Ini Cara Cek Penerima BLT BBMIlustrasi warga penerima Bansos (ANTARA FOTO/FB Anggoro)

Dalam hal ini pemerintah mengalokasikan dana sebesar Rp12,4 triliun untuk program BLT BBM ini, dengan total sasaran sebanyak 20,65 juta KPM.

Sementara, untuk mengecek bansos BLT BBM Kementerian Sosial (Kemensos) dapat melalui laman resmi cekbansos.kemensos.go.id. Cara pengecekan data penerima BLT BBM sebagai berikut:

  • Akses laman cekbansos.kemensos.go.id
  • Masukkan data wilayah penerima manfaat yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa
  • Setelah itu, masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP
  • Kemudian ketikkan 8 huruf kode yang dipisahkan spasi. Masukkan huruf kode captcha
  • Setelah data yang dimasukkan benar, klik tombol “Cari Data”
  • Sistem cek bansos Kemensos akan mencari nama penerima manfaat sesuai wilayah yang dimasukkan, dan akan muncul apakah data yang dimasukkan termasuk penerima manfaat bansos BLT BBM atau tidak.

Baca Juga: Efek Domino Kenaikan Harga BBM, Ekonom: Angka Kemiskinan Makin Tinggi

Topik:

  • Dhana Kencana

Berita Terkini Lainnya